Dark/Light Mode

Kasus Covid Dunia Menurun, Rupiah Perkasa

Rabu, 23 Februari 2022 09:41 WIB
Rupiah dan dolar. (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Rupiah dan dolar. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini nilai tukar rupiah dibuka menguat 0,11 persen ke level Rp 14.350 per dolar AS dibanding perdagangan kemarin di level Rp 14.366 per dolar AS.

Mayoritas mata uang di Asia l menguat terhadap dolar AS. Yen Jepang menguat 0,03 persen, dolar Singapura naik 0,08 persen, won Korea Selatan menguat 0,08 persen, peso Filipina melonjak 0,19 persen, ringgit Malaysia naik 0,02 persen, dan baht Thailand menguat 0,10 persen.

Baca juga : Kasus Covid Melonjak, RSUI Depok Tambah Tempat Tidur

Indeks dolar AS terhadap mata uang utama lainnya turun 0,1 persen ke level 96,026. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro anjlok 0,35 persen ke level Rp 16.265, terhadap poundsterling Inggris minus 0,39 persen ke level Rp 19.518, dan terhadap dolar Australia juga turun 0,45 persen ke level Rp 10.379.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra menuturkan, nilai tukar rupiah menguat lantaran sentimen pasar keuangan terlihat lebih positif terhadap aset berisiko pagi ini. Selain itu, balasan NATO terhadap dekrit Presiden Rusia Vladimir Putin dinilai dapat meredakan kekhawatiran pasar.

Baca juga : Kasus Omicron Melonjak, Rupiah Turun Tipis

"NATO membalas dekrit yang dikeluarkan Putin dengan sanksi ekonomi dan belum ke arah perlawanan militer. Ini mungkin yang sedikit meredakan kekhawatiran pasar terhadap potensi perang," ujarnya, Rabu (23/2).

Sedangkan sentimen dari kasus Covid-19 global sudah menurun dan beberapa masyarakat di dunia sudah mulai dibebaskan untuk tidak memakai masker. “Hal ini dinilai dapat mendorong aktivitas perekonomian untuk kembali bergerak normal seperti sebelum pandemi,” ucap Ariston.

Baca juga : Kok PTM Yang Disalahkan Nih

Ia memproyeksi mata uang Garuda bergerak menguat ke kisaran Rp 14.330 dengan potensi pelemahan di posisi Rp 14.380 per dolar AS. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.