Dark/Light Mode

Kopi Unggulan Indonesia Sukses Di Specialty Coffee Expo 2022 AS

Sabtu, 9 April 2022 15:27 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

 Sebelumnya 
“Keenam pelaku UKM kopi tersebut telah mengikuti rangkaian seleksi dan kurasi. Selain itu, KemenKopUKM juga secara aktif menjaring potential buyer untuk dilakukan business matching dengan para pelaku UKM,” sebutnya dalam keterangan resmi, Sabtu (9/4).

Pihaknya berharap, melalui pameran ini, ke enam pelaku usaha dapat memperoleh potensial order yang maksimal. Sehingga dapat meningkatkan nilai ekspor kopi Indonesia di pasar internasional khususnya AS. Estimasi potensial order hari pertama adalah senilai 1,18 juta dolar AS atau senilai Rp 17,2 miliar.

Sejumlah negara yang telah melayangkan order dan sampel order diantaranya baik dari buyer Amerika Serikat maupun luar negara Amerika Serikat termasuk Canada, Argentina dan Ecuador.

Baca juga : Kemenpora Putuskan Indonesia Turun Di 31 Cabor SEA Games Vietnam

Henra menekankan, dalam meningkatkan pemasaran produk kopi Indonesia di pasar Amerika Serikat melalui fasilitasi pada pameran Specialty Coffee Expo 2022 ini, KemenKopUKM akan terus mendukung pelaku sektor kopi Indonesia.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam pengembangan UKM dan Koperasi Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM berkomitmen dalam pemberdayaan UKM dan Koperasi melalui berbagai program penguatan sektor baik dari hulu ke hilir.

Pameran tersebut dianggap strategis bagi segmen pasar kopi Indonesia. Pasalnya, pameran ini diikuti oleh kurang lebih 9.200 pelaku usaha produsen kopi dan peralatan pengolah kopi serta diikuti lebih dari dari 30 negara, seperti Colombia, Guatemala, Honduras, Ethiopia, Puerto Rico, Turki, Rwanda, Belgia, Korea Selatan.

Baca juga : Ketemu Investor, Telkom Pamerkan Ekosistem Digital Di Expo 2020 Dubai

"Hal ini sebagai salah satu upaya strategis yang dapat mengangkat tidak hanya citra produk kopi Indonesia di pasar internasional. Namun juga membuka akses pasar lebih luas lagi bagi produk kopi unggulan dari berbagai daerah di Indonesia," tuturnya.

Melalui pembinaan dan pendampingan yang tepat, serta adanya sinergi maupun kolaborasi dengan pemangku kepentingan, KemenKopUKM optimis kopi Indonesia dapat memperluas akses ke pasar internasional dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku UKM.

Pada kesempatan yang sama, Konsulat Jenderal RI di New York Arifi Saiman menyambut baik fasilitasi pelaku usaha kopi asal Indonesia yang telah dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM dan mendorong peningkatan di tahun berikutnya.

Baca juga : Printer Canon Raih Penghargaan Indonesia WOW Brand 2022

“Untuk menyambut green business di tahun 2025 di USA, diharapkan pelaku UMK menyiapkan kemasan yang ramah lingkungan sehingga dapat diterima oleh pasar Amerika Serikat,” ujarnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.