Dewan Pers

Dark/Light Mode

Tahun Ini Masyarakat Boleh Mudik Lebaran

Angin Segar Untuk Perekonomian Kita

Minggu, 10 April 2022 06:20 WIB
Ilustrasi mudik saat pandemi Covid-19. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi mudik saat pandemi Covid-19. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Keputusan Pemerintah mengizinkan masyarakat mudik Lebaran akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, konsumsi masyarakat bakal mengalami peningkatan, sehingga berpengaruh terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional.

Kenaikan konsumsi masyarakat ini juga tak lepas dari kelonggaran yang diberikan Pemerintah. Saat ini, Pemerintah membolehkan pusat perbelanjaan buka dengan protokol kesehatan (prokes).

Staf Khusus Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Kepala Staf Kepresidenan, Bambang Prihartono memprediksi, pertumbuhan perekonomian nasional bakal meningkat. Sejalan dengan keputusan Pemerintah yang mengizinkan warga mudik.

Berita Terkait : Mau Mudik Lebaran Dengan Tenang, Puan: Penuhi Hak THR Pekerja

Mudik Lebaran tahun ini harus dijadikan momen pemulihan ekonomi yang sudah terpuruk selama pandemi hampir dua tahun lebih,” kata Bambang dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (8/4).

Bambang mengatakan, masyarakat saat ini sudah taat dan mematuhi prokes ketat selama dua tahun belakangan. Selain itu, kata Bambang, kekebalan kolektif masyarakat juga sudah tercapai.

Bambang mengakui, di tengah kondisi ekonomi yang sempat anjlok, terlihat pertumbuhan ekonomi nasional sudah mulai menggeliat kembali.

Berita Terkait : Rahmat Effendi Paksa Camat Dan ASN Setor Duit Untuk Percepat Pembangunan Glamping

Seperti meningkatnya harga energi, tentu akan memberikan dampak positif bagi perbaikan ekonomi.

Kendati begitu, Bambang mengakui, kondisi daya beli masyarakat masih cenderung lemah.

Namun, mantan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) ini berharap, dalam situasi tersebut tidak membuat niat para pemudik pulang kampung menjadi surut.
 Selanjutnya