Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tahun Ini Masyarakat Boleh Mudik Lebaran

Angin Segar Untuk Perekonomian Kita

Minggu, 10 April 2022 06:20 WIB
Ilustrasi mudik saat pandemi Covid-19. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi mudik saat pandemi Covid-19. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Keputusan Pemerintah mengizinkan masyarakat mudik Lebaran akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, konsumsi masyarakat bakal mengalami peningkatan, sehingga berpengaruh terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional.

Kenaikan konsumsi masyarakat ini juga tak lepas dari kelonggaran yang diberikan Pemerintah. Saat ini, Pemerintah membolehkan pusat perbelanjaan buka dengan protokol kesehatan (prokes).

Staf Khusus Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Kepala Staf Kepresidenan, Bambang Prihartono memprediksi, pertumbuhan perekonomian nasional bakal meningkat. Sejalan dengan keputusan Pemerintah yang mengizinkan warga mudik.

Baca juga : Mau Mudik Lebaran Dengan Tenang, Puan: Penuhi Hak THR Pekerja

Mudik Lebaran tahun ini harus dijadikan momen pemulihan ekonomi yang sudah terpuruk selama pandemi hampir dua tahun lebih,” kata Bambang dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (8/4).

Bambang mengatakan, masyarakat saat ini sudah taat dan mematuhi prokes ketat selama dua tahun belakangan. Selain itu, kata Bambang, kekebalan kolektif masyarakat juga sudah tercapai.

Bambang mengakui, di tengah kondisi ekonomi yang sempat anjlok, terlihat pertumbuhan ekonomi nasional sudah mulai menggeliat kembali.

Baca juga : Rahmat Effendi Paksa Camat Dan ASN Setor Duit Untuk Percepat Pembangunan Glamping

Seperti meningkatnya harga energi, tentu akan memberikan dampak positif bagi perbaikan ekonomi.

Kendati begitu, Bambang mengakui, kondisi daya beli masyarakat masih cenderung lemah.

Namun, mantan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) ini berharap, dalam situasi tersebut tidak membuat niat para pemudik pulang kampung menjadi surut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.