Dark/Light Mode

Mantapkan Portofolio Bisnis, PGN Subholding Gas Pertamina Bidik Pasar Ritel Gas Bumi

Sabtu, 23 April 2022 13:22 WIB
Ilustrasi. (IST)
Ilustrasi. (IST)

 Sebelumnya 
Untuk itu, masalah alokasi LNG menjadi salah satu perhatian PGN untuk lebih dahulu dipersiapkan.

Salah satu rencana PGN adalah memanfaatkan stranded gas yang banyak tersebar di berbagai wilayah serta belum dimanfaatkan.

Baca juga : Gandeng Axpo Singapore, Perta Arun Bidik Pasar LNG Hub Internasional

"(Stranded gas) itu rencananya akan kita kembangkan, kalau memang diperkenankan kita beli. Itu nanti akan kita gunakan, kita liquefaction menjadi gas LNG," jelas dia.

Setelah diubah menjadi LNG, gas-gas tersebut tentunya akan semakin mudah untuk didistribusikan. Rachmat mencontohkan, jika ada stranded gas di Maluku atau Papua maka pasarnya bisa akan segera diikat jika gasnya sudah diubah bentuknya menjadi LNG.

Baca juga : PGN Dan PRPP Teken HOA Penyediaan Gas di GRR Tuban

"Kalau misalnya memang ada kebutuhan di sekitar Indonesia timur maka akan digunakan di sana, tetapi kalau ternyata masih ada ekses, karena bentuknya LNG maka bisa dibawa pakai kapal menuju ke lokasi yang ada banyak demand-nya, misalnya di Jawa," sambungnya.

Selain memanfaatkan stranded gas, PGN juga tengah melihat potensi untuk memanfaatkan LNG dari luar negeri. Ini yang jadi soal bagi PGN terkait regulasi ke depan dimungkinkan adanya impor LNG.

Baca juga : Mantapkan Transisi Energi, RI-Singapura Gelar Pertemuan Bilateral Bidang Energi

Pasalnya, hingga saat ini belum ada keran impor LNG dan malah LNG yang ada diekspor ke luar negeri.

“Kalau nanti impor LNG dimungkinkan, tidak tertutup kemungkinan kami akan impor untuk memenuhi bisnis LNG," katanya. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.