Dewan Pers

Dark/Light Mode

Antisipasi Lonjakan Pemudik Di Puncak Arus Balik, Bandara Soekarno-Hatta Siagakan 5 Hal Ini

Sabtu, 7 Mei 2022 15:15 WIB
Presiden Director AP II Muhammad Awaluddin saat memimpin apel kesiapan personel di Bandara Soekarno-Hatta dalam mengantisipasi puncak arus balik, Sabtu (7/5) pagi. (Foto: Humas AP II)
Presiden Director AP II Muhammad Awaluddin saat memimpin apel kesiapan personel di Bandara Soekarno-Hatta dalam mengantisipasi puncak arus balik, Sabtu (7/5) pagi. (Foto: Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Periode puncak arus balik angkutan Lebaran di seluruh bandara PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II dimulai pada hari ini, 7 Mei 2022 hingga 9 Mei 2022 dan terpusat di Bandara Soekarno-Hatta.

Pada puncak arus balik 7 Mei, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan sekitar 140-150 ribu orang.

 

 

Berita Terkait : Antisipasi Arus Balik Lebaran, AP II Gelar Apel Siaga

Sementara puncak arus balik tertinggi, diprediksi terjadi pada 8 Mei dengan jumlah penumpang lebih dari 150 ribu orang. 

Sedangkan pada 9 Mei, angkanya diramal turun antara 130-140 ribu orang.

Terkait hal tersebut, President Director AP II Muhammad Awaluddin menggelar apel kesiapan personel di Bandara Soekarno-Hatta dalam mengantisipasi puncak arus balik, Sabtu (7/5) pagi.

“Semua harus bisa diprediksi. Kita harus bisa mengantisipasi dengan membuat analisis mitigasi risiko. Setiap personel harus memahami betul SOP, fasilitas, dan infrastruktur utama. Itu harus dalam kondisi prima. Termasuk, fasilitas stakeholder. AP II harus memperhatikan kecukupan dan kecakapan personel," ujar Awaluddin di Terminal 3.

Berita Terkait : Pantau Titik-Titik Rute Arus Balik, BNPB Pastikan Prokes Terkendali

"Kita semua bersama-sama menjaga standar pelayanan dan operasional Bandara Soekarno-Hatta, serta protokol kesehatan di tengah pandemi. Sekaligus menjaga reputasi bandara ini, sebagai bandara terbesar di Indonesia dan bandara tersibuk ke-17 di dunia," imbuhnya.

Pada arus balik, pergerakan penumpang yang datang lebih tinggi dibandingkan dengan penumpang yang berangkat.

AP II memastikan titik layanan, termasuk fasilitas di area kedatangan domestik dan internasional, dapat mengakomodir tingginya volume penumpang pesawat yang datang. Sehingga, penumpang yang baru mendarat, bisa segera menjalani proses kedatangan, dan meninggalkan bandara untuk menuju ke rumah masing-masing.

Berikut upaya yang dilakukan AP II dalam memastikan kelancaran dan kecepatan proses kedatangan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta:

Berita Terkait : Puncak Arus Balik, Garuda Group Proyeksikan Angkut 51 Ribu Penumpang

1. Parkir Pesawat

Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan sebanyak 188 parking stand, yang terdiri dari 40 parking stand pesawat berbadan lebar (wide body) dan 148 parking stand pesawat berbadan sedang (narrow body).

Dari 188 parking stand, sebanyak 121 parking stand terhubung langsung dengan terminal (contact stand) dan 67 parking stand di area remote.

“Pengaturan lokasi parkir pesawat dilakukan dengan baik dan berkoordinasi dengan maskapai, guna memastikan kelancaran proses kedatangan penumpang," jelas Director of Operation AP II Muhamad Wasid.
 Selanjutnya