Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
- Kinerja Industri Manufaktur Terganggu Urusan Koordinasi Antarinstansi
- KAI Tutup Posko Angkutan Lebaran, Penumpang KA Naik 18 Persen
- 100.000 Pendukung Prabowo-Gibran Gelar Aksi Damai di MK, Jumat Besok
- Didampingi Ibu Wury, Wapres Gelar Halal Bihalal Bareng Pegawai Dan Media
- Bobby Tetap Mau Daftar Jadi Bacagubnya PDIP
Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU
Antisipasi Lonjakan Pemudik Di Puncak Arus Balik, Bandara Soekarno-Hatta Siagakan 5 Hal Ini
Sabtu, 7 Mei 2022 15:15 WIB
RM.id Rakyat Merdeka - Periode puncak arus balik angkutan Lebaran di seluruh bandara PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II dimulai pada hari ini, 7 Mei 2022 hingga 9 Mei 2022 dan terpusat di Bandara Soekarno-Hatta.
Pada puncak arus balik 7 Mei, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan sekitar 140-150 ribu orang.
Baca juga : Antisipasi Arus Balik Lebaran, AP II Gelar Apel Siaga
Sementara puncak arus balik tertinggi, diprediksi terjadi pada 8 Mei dengan jumlah penumpang lebih dari 150 ribu orang.
Sedangkan pada 9 Mei, angkanya diramal turun antara 130-140 ribu orang.
Terkait hal tersebut, President Director AP II Muhammad Awaluddin menggelar apel kesiapan personel di Bandara Soekarno-Hatta dalam mengantisipasi puncak arus balik, Sabtu (7/5) pagi.
“Semua harus bisa diprediksi. Kita harus bisa mengantisipasi dengan membuat analisis mitigasi risiko. Setiap personel harus memahami betul SOP, fasilitas, dan infrastruktur utama. Itu harus dalam kondisi prima. Termasuk, fasilitas stakeholder. AP II harus memperhatikan kecukupan dan kecakapan personel," ujar Awaluddin di Terminal 3.
Baca juga : Pantau Titik-Titik Rute Arus Balik, BNPB Pastikan Prokes Terkendali
"Kita semua bersama-sama menjaga standar pelayanan dan operasional Bandara Soekarno-Hatta, serta protokol kesehatan di tengah pandemi. Sekaligus menjaga reputasi bandara ini, sebagai bandara terbesar di Indonesia dan bandara tersibuk ke-17 di dunia," imbuhnya.
Pada arus balik, pergerakan penumpang yang datang lebih tinggi dibandingkan dengan penumpang yang berangkat.
AP II memastikan titik layanan, termasuk fasilitas di area kedatangan domestik dan internasional, dapat mengakomodir tingginya volume penumpang pesawat yang datang. Sehingga, penumpang yang baru mendarat, bisa segera menjalani proses kedatangan, dan meninggalkan bandara untuk menuju ke rumah masing-masing.
Berikut upaya yang dilakukan AP II dalam memastikan kelancaran dan kecepatan proses kedatangan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta:
Baca juga : Puncak Arus Balik, Garuda Group Proyeksikan Angkut 51 Ribu Penumpang
1. Parkir Pesawat
Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan sebanyak 188 parking stand, yang terdiri dari 40 parking stand pesawat berbadan lebar (wide body) dan 148 parking stand pesawat berbadan sedang (narrow body).
Dari 188 parking stand, sebanyak 121 parking stand terhubung langsung dengan terminal (contact stand) dan 67 parking stand di area remote.
“Pengaturan lokasi parkir pesawat dilakukan dengan baik dan berkoordinasi dengan maskapai, guna memastikan kelancaran proses kedatangan penumpang," jelas Director of Operation AP II Muhamad Wasid.
Selanjutnya
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya