Dark/Light Mode

Jelang Musim Haji, Pertamina Amankan Pasokan Avtur di Bandara Hasanuddin

Jumat, 5 Juli 2019 08:00 WIB
Ilustrasi pengisian bahan bakar pesawat (Foto: Humas Pertamina)
Ilustrasi pengisian bahan bakar pesawat (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi memastikan keamanan pasokan avtur untuk penerbangan haji tahun 2019, dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Hatim Ilwan, Unit Manager Communications & CSR PT Pertamina (Persero) MOR VII Sulawesi mengatakan, bandara terbesar di Sulawesi itu rencananya akan memberangkatkan jamaah haji yang terdiri dari 37 penerbangan, mulai 5 Juli hingga 6 Agustus 2019 dengan tujuan Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.

Untuk periode kepulangan, penerbangan dimulai tanggal 17 Agustus hingga 16 September 2019. “Insya Allah, kami siap memenuhi kebutuhan avtur untuk penerbangan musim haji tahun ini,” ujarnya.

Baca juga : Pertamina Pastikan Pasokan Avtur untuk Penerbangan Haji 2019 Aman

Masih menurut Hatim, Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Hasanuddin akan menyiapkan pasokan avtur khusus untuk kebutuhan penerbangan haji tahun ini. Baik untuk keberangkatan dan kepulangan sekitar 8.070 kilo liter (KL).

“Mengalami kenaikan hampir lima persen, jika dibandingkan musim haji tahun lalu, yang konsumsinya mencapai 7.708 KL,” ujarnya.  

Dalam menjamin ketersediaan Avtur, Pertamina menyiagakan DPPU Hasanuddin yang memiliki empat tangki timbun avtur dengan total kapasitas 14.250 KL. Ketahanan pasokan pun semakin aman, karena DPPU Hasanuddin kini sudah terintegrasi dengan Terminal BBM Makassar, yang memiliki empat unit tangki timbun Avtur dengan kapasitas masing-masing mencapai 2.000 KL.

Baca juga : Apresiasi Pelanggan Setia, Pertamina Meriahkan BEP di Pekanbaru

Selain itu, DPPU Hasanuddin juga didukung 12 unit refueller dengan lima unit berkapasitas masing-masing 25 KL, enam unit berkapasitas 40 KL/refueller dan satu unit lagi dengan kapasitas 16 KL.   

Pertamina juga menyiagakan 11 unit mobil tangki Avtur yang berfungsi sebagai bridger. Kesebelas unit mobil tangki Avtur tersebut masing-masing memiliki kapasitas dengan rincian 1 unit berkapasitas 16 KL (1 unit), sembilan unit berkapasitas 24 KL, dan satu unit berkapasitas 21 KL.

“Jam operasional DPPU Hasanuddin tetap 24 jam. Sedangkan untuk suplai Avtur via bridger dari TBBM Makassar, direncanakan beroperasi pukul 06.00 hingga 20.00 WITA,” lanjut Hatim.  

Baca juga : Mau Ke Bali, Bisa Naik Garuda Dari Bandara Kertajati

Pada kesempatan yang sama, Hatim juga menyampaikan terima kasih kepada Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan yang akan memberangkatkan jamaah haji dari Embarkasi Makassar, atas kepercayaannya untuk selalu menggunakan produk Pertamina guna memenuhi kebutuhan bahan bakar pesawatnya.

“Kami juga mendoakan, supaya seluruh jamaah haji menjadi haji mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan selamat,” ujarnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.