Dark/Light Mode

Jasa Marga Japek Selatan Siap Bangun Simpang Susun Mulya

Senin, 8 Agustus 2022 17:22 WIB
Jasa Marga Japek Selatan Siap Bangun Simpang Susun Mulya

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) segera membangun Simpang Susun Mulya untuk membuka akses pengendara ke Kabupaten Karawang dan sekitarnya.

Pembangunan dilakukan setelah semua ijin dan Rencana Teknik Akhir (RTA) diselesaikan pihak JJS.

Berdasarkan Data dari kementerian PUPR dan informasi direktorat jenderal binamarga, bahwa kementerian PUPR telah menyetujui simpang susun tersebut untuk segera dibangun.

Di mana saat ini dalam proses akhir Designed Engeenering Designed (Rencana Teknik Akhir /RTA).

Baca juga : Sekolah Harus Jadi Tempat Nyaman Siswa, Jangan Ada Paksaan Pakai Jilbab

“Segera setelah proses RTA dan ijin-ijin terkait terpenuhi JJS akan segera membangun Simpang Susun Mulya tersebut. Tentu (Simpang Susun Mulya red.) akan segera dibangun dan diharapkan Simpang susun Mulya tersebut selesai dibangun tahun 2024," ungkap Humas PT Jasa Marga, Irwansyah, Senin 8 Agustus 2022.

Irwansyah menambahkan, Simpang susun KM 48+500 diharapkan dapat mengembangkan wilayah Kabupaten Karawang dan sekitarnya sebagai penyangga ekonomi Ibu Kota Jakarta.

Pemerintah Pusat berkomitmen tekait kemajuan dan perkembangan wilayah penyangga Jakarta agar beban kemacetan dan titik perkumpulan di Ibu Kota dapat terurai.

“Ini tentu menjadi harapan baru bagi masyarakat Karawang agar lebih meningkatkan roda ekonomi wilayah tersebut,” kata Irwansyah.

Baca juga : Begini Cara Bima Sakti Bangun Kekompakan Timnas U-16

Saat ini proses pembangunan Japek Selatan sudah mencapai 78,10 persen dari total 27,85 KM untuk paket 3 (ruas Sadang-Taman Mekar).

Sedangkan untuk paket 2 (ruas Setu – Taman Mekar) dan paket 1 (ruas Jatiasih – Setu) belum dilaksanakan konstruksi.

“Kami masih optimis target penyelesaian dapat sesuai dengan yang direncanakan,” ujar Irwansyah.

Secara rinci kami menargetkan rencana konstruksi paket 3 (ruas Sadang-Taman Mekar) dapat selesai pada bulan April 2023. Sedangkan paket 2 (ruas Setu – Taman Mekar) secara keseluruhan akan selesai pada bulan Juni 2024.

Baca juga : Ajang Pencarian Bakat IGT Siap Tayang Di RCTI

Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan terus mengalami perkembangan. Jalan tol ini akan menyambungkan Sadang (Kabupaten Purwakarta) hingga Setu (Kabupaten Bekasi), yang terintegrasi dengan jaringan Jalan Tol Cipularang dan JORR 2 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

"Pembangunan Japek Selatan saat ini sedang progres konstruksi yang berjalan untuk keseluruhan Jalan Tol Japek II Selatan memang diprioritaskan pada Seksi 3 yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta," jelas Irwansyah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.