Dark/Light Mode

Pasar Kita Bakal Dibanjiri Gandum

Zulhas: Harga Mie Instan Tak Akan Naik 3 Kali Lipat

Jumat, 12 Agustus 2022 07:05 WIB
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis (11 Agt). (Foto: Kementerian Perdagangan).
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis (11 Agt). (Foto: Kementerian Perdagangan).

 Sebelumnya 
Berdasarkan hasil peman­tauan Dinas Perdagangan Kulon Progo, pada 4, 8 dan 10 Agustus 2022, tidak ada perubahan harga signifikan.

Di Kulon Progo, ada lima jenis merek terigu, yakni Segitiga Biru yang dijual Rp 12 ribu/ki­logram (kg), Cakra Kembar Rp 13 ribu/kg, Kunci Rp 13 ribu/kg, Pita Merah Rp 12,5 ribu/kg dan terigu curah Rp 10 ribu/kg.

Baca juga : Omongan Fahri Ada Benarnya

Sebelumnya, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko menyatakan, sorgum bisa menja­di alternatif pengganti gandum.

Dengan memanfaatkan sorgum untuk campuran bahan baku pangan olahan, impor gan­dum bisa dikurangi.

Baca juga : Pulih Dari Pandemi, Utilisasi Industri TPT Naik Jadi 70 Persen

“Kalau gandum dicampur (tepung sorgum) misalnya sam­pai 15 persen, tidak terasa sih, rotinya tetap enak,” kata Lak­sana di peringatan Hakteknas ke-27 di Cibinong, Jawa Barat, Rabu (10/8).

BRIN, lanjut dia, juga telah melakukan berbagai penelitian di bidang pertanian untuk meng­hasilkan varietas gandum unggul. Kendati hingga saat ini masih perlu dioptimalkan untuk menda­patkan hasil memuaskan.

Baca juga : Jakarta Menyapa Digelar Hari Ini, Dishub DKI Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Gandum untuk ditanam di daerah tropis sebenarnya secara varietas ada, tapi belum begitu op­timal. Karenanya, akan terus kita kembangkan,” ujarnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.