Dark/Light Mode

Cegah Petani Gagal Panen, PKT Pastikan Program Makmur Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Kamis, 25 Agustus 2022 09:17 WIB
Foto: Dok. PKT
Foto: Dok. PKT

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kaltim (PKT) telah menghadirkan program Makmur, suatu ekosistem pertanian yang kondusif dan terbukti mampu meningkatkan pemberdayaan petani, sekaligus produktivitas pertanian di Indonesia.

Staf Senior Vice Presiden (SVP) Tranformasi Bisnis PKT, Yusva Sulistyo mengatakan, berdasarkan studi yang dilakukan, petani Indonesia dihadapkan oleh sejumlah tantangan.

Baca juga : BIN Dorong Peran Bakohumas Kawal Program Dan Kebijakan Pemerintah Di Papua

Di antaranya, minimnya akses permodalan, kurangnya fasilitas sarana produksi, pemahaman terhadap kebutuhan pasar, hingga jaminan pasar untuk beberapa komoditas utama.

Sejak awal Program Makmur dijalankan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, sekaligus mendorong kesejahteraan petani melalui pendekatan menyeluruh, mulai dari kemudahan akses modal dan sarana pertanian, hingga pendampingan dan edukasi.

Baca juga : Sistem Siber Terintegrasi, Telkom Pastikan Keamanan Data Pelanggan

"Kami berharap, hadirnya Makmur tidak hanya untuk jawab tantangan produktivitas pertanian tetapi juga menjamin pertanian berkelanjutan,” ujarnya, dalam webinar “PKT Menyapa Petani: Cerdas Budidaya Tanaman Lewat Pemupukan Berimbang", Rabu (24/8).

Sayangnya, di tengah kondisi anomali cuaca pada musim kemarau saat ini, banyak petani yang produktivitasnya menurun signifikan karena tanaman yang dihasilkan tidak maksimal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.