Dark/Light Mode

Rakyat Merdeka Award 2022

Djony Bunarto Tjondro, Tokoh Penggerak Industri Kecil Manufaktur 

Rabu, 28 September 2022 22:10 WIB
Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Djony Bunarto Tjondro. (Foto: Ist)
Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Djony Bunarto Tjondro. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro meraih Rakyat Merdeka Award sebagai “Tokoh Penggerak Industri Kecil Manufaktur” untuk kategori Korporasi Infrastruktur, Manufaktur dan Otomotif. Penghargaan diserahkan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu (28/9) malam.

Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran dan perjuangan yang berat dari sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi, selama dua tahun terakhir.

Djony melakukan berbagai inovasi untuk membawa Astra bangkit dari pandemi. Mulai dari pemanfaatan teknologi digital, membuat produk baru, hingga menjajaki kolaborasi yang menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

Baca juga : Airlangga Hartarto, Tokoh Pemulihan Ekonomi Nasional

Astra juga mendukung perkembangan UMKM. Astra memiliki empat pilar kontribusi sosial berkelanjutan, yakni kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan. Pada pilar kewirausahaan (Astra Kreatif), Astra membina UMKM melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dengan komitmen mendorong peningkatan kualitas UMKM di Tanah Air. Dan, megembangkan desa-desa.

Terdapat sejumlah program dalam pengembangan UMKM, yaitu pelatihan, pendampingan, fasilitas pemasaran dengan memfokuskan pada sektor manufaktur, bengkel, kerajinan, dan pertanian. Sejak berdiri tahun 1980, hingga Juni 2021 YDBA telah membina 11.695 UMKM dan secara tidak langsung turut menciptakan 70.597 lapangan kerja melalui UMKM yang difasilitasinya.

Astra juga terus meningkatkan Tingkat Kandungan Lokal Dalam Negeri (TKDN). Saat ini tingkat komponen dalam negeri atau kandungan lokal mobil dan sepeda motor yang diproduksi Grup Astra sudah di atas 80 persen. Adapun strategi yang ditempuh dalam meningkatkan TKDN adalah dengan melibatkan pemasok komponen lokal yang menjadi utama.

Baca juga : Mahfud MD, Stabilisator Politik, Hukum dan Keamanan

Dalam sambutannya, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana mengatakan, tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

“Kontribusi dan kerja keras mereka membuat Indonesia kita, kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia,” kata Kiki Iswara.

Selain Djony, ada 30 tokoh lainnya yang dianugerahi Rakyat Merdeka Award 2022. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kategori: ekonomi, korporasi, kesehatan, infrastruktur, energi dan lingkungan hidup.

Baca juga : Hery Gunardi, Tokoh Transformasi Ekosistem Perbankan Syariah

Selain itu, juga ada kategori politik, hukum, keamanan, teknologi, pangan, manufaktur dan otomotif.

Acara yang juga menampilkan penyanyi Andre Hehanusa tersebut berlangsung meriah dan hangat. Salah satu lagu yang dinyanyikannya, “Kuta Bali”, kata Andre, karena bertepatan dengan perhelatan G20 di Bali.

Selamat kepada para penerima anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit! Teruslah berjuang, memberikan sumbangsih dan karya terbaik demi Indonesia!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.