Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rakyat Merdeka Award 2022

Hery Gunardi, Tokoh Transformasi Ekosistem Perbankan Syariah

Rabu, 28 September 2022 22:00 WIB
Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk, Hery Gunardi. (Foto : Ist)
Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk, Hery Gunardi. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama Bank Syariah Mandiri (BSI) Hery Gunardi meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai “Tokoh Transformasi Ekosistem Perbankan Syariah”. Acara ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu malam (28/9).

Bank Syariah Mandiri (BSI) punya target masuk Top 10 bank syariah dunia, dalam dua-tiga tahun mendatang. Keyakinan ini besar kemungkinan terwujud, karena di usianya yang belum dua tahun, BSI sudah berhasil mencatatkan sejumlah prestasi. 

Semester pertama tahun ini, BSI menghasilkan laba bersih Rp 2,13 triliun. Tumbuh 41 persen dibanding tahun lalu. Hal itu terungkap dalam wawancara secara eksklusif Rakyat Merdeka dengan Dirut BSI Hery Gunardi melalui platform Zoom, Kamis (22/9). 

Hery memaparkan, saat ini di Indonesia ada 107 bank konvensional. Dan dari kepemilikan aset, BSI berada di ranking ke 7, yaitu sebesar Rp 270 trilun. Sedangkan jumlah nasabahnya berada di urutan 5 dan 6 nasional, dengan total mencapai 20 juta nasabah. 

Dengan posisi seperti itu, Hery yakin, tak lama lagi, BSI akan masuk jadi Top 5 atau lima besar perbankan nasional. 

“Tiga tahun berikutnya, atau tahun 2025, target kami masuk 10 besar bank syariah terbesar di dunia. Dengan kepemilikan aset Rp 500 triliun dan jumlah nasabah 40 juta,” paparnya.

 Dalam wawancara virtual tersebut, dari Rakyat Merdeka hadir Direktur Utama/CEO RM Group Kiki Iswara Darmayana, Direktur Pemberitaan Ratna Susilowati, dan Kepala Analis/ Dewan Kebijakan Redaksi Supratman, Wakil Pemimpin Redaksi Kartika Sari, serta sejumlah redaktur eksekutif.

Sedangkan Dirut BSI didampingi Sekretaris Perusahaan Gunawan Arief Hartoyo dan Head Of Corporate Communications Eko Nopiansyah.

Baca juga : Retno Marsudi, Tokoh Diplomasi Pemulihan Krisis Global

Dalam pemaparannya, Hery mengatakan, BSI akan terus berkembang, tumbuh memberkan kontribusi positif untuk negara dan masyarakat. Hingga ke tingkat global.

Bagaimana mewujudkan target menjadi Top 10 bank syariah dunia? Dan dimana posisi BSI di jajaran bank syariah dunia? Menurut Hery, di level global, BSI berada di urutan ke 14. Seiring waktu, dia yakin akan ada kenaikan jumlah nasabah dan pertambahan aset, sehingga BSI bisa masuk ke posisi lebih tinggi. 

“Di 2025, minimal bisa masuk ke posisi 9 atau 8. Syukur-syukur bisa masuk posisi ke-7,” katanya, yakin.

Saat ini nilai kapital pasar (market capitalization) BSI mencapai 3,69 miliar dolar AS atau setara Rp 54,4 triliun. Di ranking 10, kapital pasarnya sekitar 5 miliar dolar AS. Di posisi pertama, saat ini ada Al Rajhi Bank dari Arab Saudi, kemudian Kuwait Finance di nomor dua. “Posisi 10 itu, sekitar 5 miliar dolar AS. Kami yakin bisa menyalip,” ujarnya.

Hery bilang, strategi untuk meningkatkan kapital pasar itu adalah dengan tumbuh organik dan anorganik. Pertumbuhan aset yang ada di BSI dengan double digit memberi peluang itu. Dan dari non organik, BSI terus melakukan akuisisi portofolio bank lain.

Hery menyadari, kondisi ekonomi akibat pandemi pada 2020 dan 2021 tidak mudah, termasuk untuk perbankan. Begitu juga BSI yang mulai merger pada Februari 2021. Merger saat pandemi, tantangannya besar. Diawali dengan membangun organisasi yang solid. Saat merger, semua harus membawa pengalaman terbaiknya. 

“Yang bagus kami bawa dan terapkan. Yang tidak bagus tidak diangkut,” katanya. 

BSI merupakan gabungan dari tiga bank syariah milik BUMN, yakni BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah.

Baca juga : Bakir Pasaman, Tokoh Peningkatan Produktivitas Pertanian  

Tutup Anak Usaha

Saat mulai membangun, BSI memastikan pertumbuhan kredit yang sehat. Caranya, selektif memilih nasabah, meningkatkan produktivitas cabang. Sekaligus melakukan efisiensi dengan menutup anak usaha yang area kerjanya sama atau mirip. 

“BSI memiliki 1.300 anak usaha. Yang usahanya mirip-mirip, atau ‘tokonya’ depan-depanan ditutup,” lapar Hery.

Di saat yang bersamaan, diadakan training agar produktivitas meningkat. Selain itu, BSI juga mendorong pertumbuhan digital banking. Caranya, memperbaiki fitur mobile banking, dan menyediakan layanan membuka rekening lewat online. Saat ini, user pendaftar sudah mencapai 4 juta nasabah. Dan yang aktif mencapai separuhnya.

“Ini menghasilkan incomeyang cukup tinggi,” ungkapnya.

Mengenai kondisi global yang saat ini dilanda multiple hits of crisis, bagaimana persiapan BSI? Hery yakin, bisnis perbankan syariah akan mampu bertahan di kondisi yang sulit. Hal ini sudah terbukti saat pandemi. Model bisnis bagi hasil atau pembiayaan syariah, dinilai kuat dan mampu memberikan benefit. BSI bisa men-track nasabah dan melahirkan banyak terobosan di saat sulit. 

BSI akan terus tumbuh dan menjadi penyangga ekonomi nasional. Menurut dia, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Tahun 2021 penduduk Muslim di Indonesia mencapai 220 juta orang, dan industri halal nilainya mencapai Rp 3.500 triliun. Ini adalah potensi ekosistem Islam yang luar biasa besar. 

Belum lagi ada pengelolaan pendanaan pesantren, masjid, zakat, infaq, sedekah, wakaf dan sebagainya. “Ini potensi market luar biasa yang dimiliki perbankan syariah. Tinggal bagaimana caranya memanfaatkan ini,” jelas mantan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri itu.

Baca juga : Prof. KH Nasaruddin Umar, Tokoh Pemersatu Dan Penyejuk Bangsa  

Terakhir, Hery menceritakan upaya BSI terus mendorong industri keuangan berkelanjutan sesuai dengan moto 3P, yaitu people, profit, dan planet. BSI tidak hanya memikirkan bisnis. Tapi juga planet, yaitu alam yang implementasinya menyelamatkan bumi.

Dia mencontohkan, upaya konkret BSI dalam menyelamatkan bumi: membangun gedung dengan prinsip green energy. Kantor BSI di Aceh, misalnya, 30 persen energinya berasal dari panel surya. Juga menerapkan teknologi mendaur ulang air, sehingga bisa dimanfaatkan lagi.

“Ini sesuai dengan pesan Presiden Jokowi saat mendirikan BSI pada 1 Februari 2021. BSI harus menjadi bank yang universal, memaksimalkan penggunaan teknologi, menarik minat generasi milenial, dan maju menjangkau UMKM sampai korporasi,” pungkas Hery.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana mengatakan, tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

“Kontribusi dan kerja keras mereka membuat Indonesia kita, kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia,” kata Kiki Iswara.

Selain Hery Gunardi, ada 30 tokoh lainnya yang dianugerahi Rakyat Merdeka Award 2022. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kategori: ekonomi, korporasi, kesehatan, infrastruktur, energi dan lingkungan hidup. Selain itu, juga ada kategori politik, hukum, keamanan, teknologi, pangan, manufaktur, dan otomotif.

Acara yang juga menampilkan penyanyi Andre Hehanusa tersebut berlangsung meriah dan hangat. Salah satu lagu yang dinyanyikannya, “Kuta Bali”, kata Andre, karena bertepatan dengan perhelatan G20 di Bali.

Selamat kepada para penerima anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit! Teruslah berjuang, memberikan sumbangsih dan karya terbaik demi Indonesia!■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.