Dark/Light Mode

PNM Maksimalkan Potensi Wirausaha Pelajar SMK

Kamis, 15 September 2022 15:23 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerja sama dengan Micro Madani Institute (MMI) memberikan program pelatihan dan kompetisi kepada seluruh siswa-siswi SMK di seluruh Indonesia.

Pelatihan dan kompetisi tersebut fokus tentang kewirausahaan yang merupakan program Madani Entrepreneur Academy (MEA).

Direktur Operasional PNM Sunar Basuki mengatakan, program tersebut digelar untuk memompa semangat meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia.

Baca juga : PBNU Tak Akan Tinggalkan Polri Lewati Berbagai Rintangan

"MEA yang sudah berjalan 3 tahun ini adalah program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PNM terhadap dunia pendidikan," ujarnya, dalam keterangan pers, Kamis (15/9).

MEA merupakan program pelatihan dengan 3 pilar utama, yaitu Pelatihan, Implementasi, dan Kompetisi entrepreneur muda untuk siswa-siswi SMK.

MEA menggunakan metode ‘Experiental Learning’ dalam proses belajar, sehingga membangun kondisi belajar yang menyenangkan dengan atmosfer kompetisi yang kental.

Baca juga : TASPEN Dan Bank Kalsel Siap Salurkan Dana Pensiun ASN Di Kalimantan Selatan

Program MEA dibagi menjadi 2 program utama, yaitu kelas MEA yang akan diikuti dengan 100 kelompok dan kompetisi MEA yang akan melibatkan 10 kelompok di semifinal dan 5 kelompok di grand final.

Pesertanya dengan jangkauan usia dan pendidikan terkecil yaitu SMK. MEA akan menjadi kegiatan untuk merubah pola pikir dan mengenalkan dunia wirausaha sedari dini.

"Sehingga mampu untuk mengembangkan potensi dari siswa- siswi SMK di dunia wirausaha," tuturnya.

Baca juga : 4 Menteri Targetkan Cetak 1 Juta Wirausaha Baru Sampai 2024

Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Saat ini rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3,1 persen dari total populasi penduduk.

Program ini diharapkan menjadi salah satu program unggulan PNM yang selaras dengan visi PNM sebagai perusahaan yang memberdayakan usaha. Diharapkan juga, program ini dapat melatih kreativitas, semangat dan mindset dari entrepreneur muda.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.