Dark/Light Mode

Mengenal Lebih Jauh Fitur Active Yaw Control Di New Xpander Cross

Selasa, 27 September 2022 14:26 WIB
Mitsubishi New Xpander Cross. (Foto: Ist)
Mitsubishi New Xpander Cross. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca peluncurannya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 Agustus lalu, Mitsubishi New Xpander Cross terus jadi pusat perhatian. Banyak fitur-fitur baru dan terkini yang dipasang pada mobil ini dan tidak dimiliki saingannya di kelasnya. Salah satunya adalah fitur keamanan Active Yaw Control (AYC).

Sistem pengereman AYC bisa meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau dijalan yang licin.

Cara kerjanya, saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi. 

Bekerja sama dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC), sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan.

Baca juga : Simak Penyempurnaan Mitsubishi Pada New Xpander Cross

Product Appeal Evaluation Departement Mitsubishi Motors, Shinji Suzuki mengatakan, fitur AYC meningkatkan keamanan saat menikung. “AYC secara optimal mengontrol rem dan ban sehingga lebih aman pada saat menikung,” katanya dikutip dari YouTube Mitsubishi Indonesia, Selasa (27/9).

Dengan menggunakan fitur AYC memudahkan pengendara menikung, bahkan di jalan licin. Indikator AYC dapat dilihat pada meter cluster. 

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan, fitur ini merupakan sistem keamanan yang berjenjang. Jadi biasanya entry level pasti ada rem ABS, nomor dua TC atau ASC, setelah itu mobil yang kelasnya ada di atas, ada sistem berjenjang, yakni AYC.

"AYC akan dijalankan dengan ASC sebelum Yaw Control. ASC adalah tahap pertama ketika mobil kelihaatan agak slip, putaran mesin dikurnagi tyapi ketika mobil sudah dijalurnya, mobil pasti akan mau terus kencang, maka AYC bekerja," beber Rifat.

Baca juga : Ini Fitur-fitur Yang Bikin New Xpander Cross Irit Bensin

Rifat menjelaskan, pada fitur ini bisa membaca empat variabel, yaitu wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin dan rem. Semuanya dapat bekerja secara bersamaan.

"Ini advanced sekali, setiap ASC mobil bekerja pasti mobil kecepatannya lebih pelan, setelah itu dia akan berpikir lama setelah gripnya. begitu dengan AYC kecepatan akan disesuaikan degan putaran mesin, putaran palang kemudi. Mobil ini akan menjaga momentum, kecepatan dalam setiap kondisi," ucap Rifat.

Jadi kata dia, fungsi dari AYC ini pada dasarnya akan menghindari perilaku yang tidak perlu baik understeer maupun oversteer, karena sistem kerjanya mobil ini akan mendeteksi apakah putaran mesinnya terlalu kencang atau terlalu tinggi, atau setirnya terlalu patah, atau apakah putaran bannya terlalu kencang.

“Untuk menyalakan fungsi ini hanya butuh sepersekian detik. Jadi semua sistem yang ada tidak membebani kendaraan ini sehingga membutuhkan energi lebih. Itulah kecanggihan teknologi pada saat ini dan semua bisa dideteksi dengan MUT atau alat scan kami," tukas Rifat.

Baca juga : Tidak Hanya Fitur AYC, Ini Dereten Keunggulan New Xpander Cross

Dari sisi eksterior New Xpander Cross juga mendapatkan banyak elemen baru. Terlebih fitur terkini yang membuat New Xpander Cross bisa menghadirkan sensasi berkendara kelas atas atau Top Grade Feeling.

Mengusung tagline “Rise to Your Life’s Adventure”, model baru ini menghadirkan kombinasi sempurna antara keagresifan sebuah SUV dan pengalaman berkendara yang berkelas. Tentunya model baru ini juga diimbangi dengan kemampuan berkendara yang sangat baik dan peningkatan yang sempurna pada fitur keamanan dan kontrol kendaraan.

“Kombinasi sempurna antara agresivitas SUV dan top-grade feeling, diimbangi dengan kemampuan berkendara yang sangat baik serta system control dan keamanan yang semakin baik, yang akan memberi Anda lebih banyak energi dan kekuatan dalam meningkatkan kepercayaan diri dan kebanggaan yang lebih tinggi lagi,” ungkap President Director of PT MMKSI, Naoya Nakamura.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.