Dewan Pers

Dark/Light Mode

Raih RM Award 2022

Bos BTN Makin Semangat Atasi Backlog Perumahan

Sabtu, 1 Oktober 2022 07:30 WIB
Direktur Utama PT Bank 
Tabungan Negara (Persero) Tbk Haru Koesmahargyo (tengah) bersama Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group Kiki Iswara Darmayana (kiri) dan Pimpinan Redaksi RM.id Firsty Hestyarini usai meraih penghargaan sebagai Tokoh Pembiayaan Perumahan Rakyat dalam RM Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit, di Jakarta, Rabu (28/9). BTN terus berperan aktif melakukan berbagai inovasi untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan rumah yang layak dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia. (Foto: Dok. BTN).
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Haru Koesmahargyo (tengah) bersama Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group Kiki Iswara Darmayana (kiri) dan Pimpinan Redaksi RM.id Firsty Hestyarini usai meraih penghargaan sebagai Tokoh Pembiayaan Perumahan Rakyat dalam RM Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit, di Jakarta, Rabu (28/9). BTN terus berperan aktif melakukan berbagai inovasi untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan rumah yang layak dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia. (Foto: Dok. BTN).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, di bawah kepemimpinan Haru Koesmahargyo, tetap aktif menyalurkan pembiayaan perumahan rakyat di tengah pandemi Covid-19. Atas prestasinya tersebut, ia meraih penghargaan sebagai Tokoh Pembiayaan Perumahan Rakyat dalam kategori Korporasi Perbankan dan Lembaga Keuangan di ajang Rakyat Merdeka Award 2022.

Saat naik ke atas panggung, Haru mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan untuknya.

“Terima kasih kepada Rakyat Merdeka, Pak Kiki Iswara (Direktur Utama Rakyat Merdeka), atas appreciation. Dan terima kasih kepada Pemerintah, Pak Erick Thohir (Menteri BUMN) atas setiap penugasan, khususnya dalam pembiayaan perumahan,” ujar Haru di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu (28/9) malam.

Award ini, kata Haru, semakin menambah semangatnya untuk menyelesaikan tugas-tugas yang masih panjang ke depan. “Terutama dalam penyelesaian angka backlog perumahan,” ujarnya.

Berita Terkait : Dapat RM Award, Bos BTN: Penghargaan Ini Jadi Penyemangat

Haru dipercaya menjadi Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 10 Maret 2021. Meski ditugaskan pada masa sulit, di mana penyebaran Covid-19 masih tinggi, namun Haru terbukti berhasil menanganinya. Terlihat dari raihan di bulan Agustus 2022, di mana bank dengan bisnis inti di pembiayaan perumahan tersebut sukses membukukan laba Rp 1,97 triliun, atau naik 57,12 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

BTN juga mencatatkan posisi kredit sekitar Rp 256,22 triliun atau naik 6,09 persen (yoy). Adapun Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh sekitar 3,3 persen (yoy) menjadi Rp 310,7 triliun per Agustus 2022.

Dalam sambutannya, Dirut Rakyat Merdeka dan Chief Executive Officer (CEO) RM Group, Kiki Iswara mengatakan, ombak besar Covid telah menunjukkan ada banyak tokoh hebat di Indonesia. Yaitu, mereka yang berkontribusi besar, bekerja keras, siang malam. Bahkan, banyak yang tidak mengenal hari libur. Mereka mendedikasikan diri dan hidupnya untuk memulihkan dan menyehatkan kembali negara.

“Ada yang kerja luar biasa cepat. Sampai-sampai membangun rumah sakit hanya dalam hitungan hari. Ada yang pontang panting mencari vaksin, mencari alat kesehatan, bernegosiasi dan melakukan lobi-lobi internasional,” tutur Kiki.

Berita Terkait : Erick Dan Sandi Siap Bantu Permodalan UMKM

Kiki menyebut, penghargaan yang diberikan Rakyat Merdeka, telah melalui serangkaian pembahasan.

Tim riset Rakyat Merdeka melakukan banyak sekali penelaahan. Tim Rakyat Merdeka bekerja selama tiga bulan, merujuk kepada data institusi resmi yang kredibel, dan tak melupakan referensi hasil survei sejumlah lembaga dan analisis berbagai sumber terpercaya.

“Kami juga melakukan wawancara langsung dengan beberapa penerima RM Award, untuk mendapatkan data yang lebih detail dan mendalam,” ungkap Kiki.

Dia kemudian mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan RM Award 2022 Untuk Indonesia Pulih dan Bangkit.

Berita Terkait : Haru Koesmahargyo, Tokoh Pembiayaan Perumahan Rakyat

Selain Haru, ada 30 tokoh lainnya yang dianugerahi Rakyat Merdeka Award 2022.

Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kategori: ekonomi, korporasi, kesehatan, infrastruktur, energi dan lingkungan hidup.

Selain itu, juga ada kategori politik, hukum, keamanan, teknologi, pangan, manufaktur dan otomotif.

Acara yang juga menampilkan penyanyi Andre Hehanusa tersebut berlangsung meriah dan hangat. Salah satu lagu yang dinyanyikannya, Kuta Bali, kata Andre, karena bertepatan dengan perhelatan G20 di Bali. ■