Dark/Light Mode

Bangga! Gitar Fender Luar Negeri Ternyata Buatan UMKM Lokal

Jumat, 7 Oktober 2022 16:55 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Presiden secara resmi meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas. Jokowi berharap agar para pengusaha besar dan UMKM kompak. Soalnya, banyak negara kelimpungan dalam menghadapi tantangan ekonomi global.

"Kita semua harus kompak, harus bersinergi, harus memiliki perasaan yang sama karena yang kita hadapi adalah sebuah tantangan yang tidak mudah," tuturnya.

Baca juga : Airlangga Ajak Semua Negara Bersatu Hadapi Krisis Global

Presiden meyakini, jika seluruh elemen bangsa bersatu termasuk para pelaku usaha mulai dari yang besar, menengah, hingga kecil akan menjadi sebuah kekuatan yang besar. Hal itu sudah terbukti saat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

“Saat menyelesaikan pandemi saya lihat semuanya bekerja sama. Pemerintah, swasta, dari pusat sampai ke desa semuanya bekerja sama, dan alhamdulillah kita bisa menyelesaikan. Ini juga sama, harus kompak betul,” ujar presiden.

Baca juga : "Blandongan Kota" Jadi Karya Terbaik Di Sayembara Desain Kawasan Bundaran Maruga Tangsel

Kepala Negara pun mendorong para pelaku usaha besar selain merangkul UMKM untuk bisnis juga melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap lingkungan dan masyarakat. Sehingga dapat menggerakkan ekonomi di sekitar.

"Jangan sampai ada perusahaan besar berada di sebuah daerah, pabriknya kelihatan tinggi-tinggi dan besar sekali, lingkungannya miskin," tukasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.