Dark/Light Mode

Ribuan Produk Laris di Marketplace PLN, Bisnis UMKM Ini Tumbuh Melesat

Sabtu, 8 Oktober 2022 15:30 WIB
Ribuan Produk Laris di Marketplace PLN, Bisnis UMKM Ini Tumbuh Melesat

RM.id  Rakyat Merdeka - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PLN Group di Rumah BUMN berkembang lebih besar usai bergabung dalam marketplace PLN di aplikasi PLN Mobile.

Hal itu dirasakan Siti Rochanah, pegiat UMKM di Semarang yang mengelola Ananda Jaya Industri yakni produsen olahan ikan merek Iwak Nyus dan aneka olahan terigu bermerek Ananda Roti dan Kue.

Baca juga : UMKM Angkola Kopi Sipirok Laku Keras, Omzet Hingga Ratusan Juta

Dia bercerita, sejak bergabung dengan Rumah BUMN PLN di awal tahun 2021 bisnisnya makin berkembang. Penjualannya juga meningkat karena masuk dalam marketplace PLN Mobile. Di  sana ia mampu menjual ribuan pieces produk.

“Jadi itu ribuan pieces produk saya, termasuk produk unggulan, betul-betul penjualannya luar biasa. Pesanan yang masuk dari reseller juga banyak. Trick saya adalah menjual secara bundling, mematok minimal jumlah pesanan, atau memberi bonus,” jelasnya.

Baca juga : Merry Riana Dkk Siap Bantu 1 Juta Bisnis UMKM Naik Kelas

Rohana menuturkan, bahwa usaha berkembang sampai titik ini salah satunya berkat dukungan dari Rumah BUMN binaan PLN dan marketplace PLN Mobile.

Selama bergabung, selain dibantu mengenalkan produk secara luas yang membantu pemasaran, ia diberi pelatihan manajemen bisnis untuk marketplace.

Baca juga : Gandeng Merketplace Lokal, Pemerintah Ajak UMKM Urus NIB

“Saya sampai di titik ini mulainya dari marketplace PLN. Kini saya lebih memahami bagaimana saya mengelola secara online. Jadi, perangkat untuk admin marketplace dan komunikasi saya pisahkan. Pembelajaran itu saya dapat dari marketplace PLN," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.