Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Boyong Produk Local Champion Ke Belanda

Pertamina Dorong UMKM Go Global

Minggu, 4 September 2022 07:30 WIB
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga (tengah) mengunjungi booth UMKM mitra binaan PT Pertamina (Persero) di Festival Tong Tong 2022 yang digelar di Kota Den Haag, Belanda. (ANTARA/HO-PT Pertamina).
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga (tengah) mengunjungi booth UMKM mitra binaan PT Pertamina (Persero) di Festival Tong Tong 2022 yang digelar di Kota Den Haag, Belanda. (ANTARA/HO-PT Pertamina).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wujud nyata dukungan PT Pertamina (Persero) terhadap pertumbuhan Usaha, Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam negeri, dibuktikan dengan memboyong 175 produk terbaik UMKM mitra binaannya ke Festival Tong Tong 2022 di Den Haag, Belanda.

Gelaran festival yang semarak dengan seni tari, musik, sastra dan kuliner Indonesia di Belanda atau dikenal dengan Festival Tong Tong 2022 resmi digelar.

Pertamina sigap membawa 175 produk UMKM unggulan ke ajang yang berlangsung 1-11 September 2022 di Kota Den Haag tersebut.

Baca juga : Pertamina Boyong 175 Produk Terbaik UMKM Binaan Go Global

Staf Khusus 3 Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyampaikan, Roemah BUMN yang ada di Festival Tong Tong merupakan langkah Kementerian BUMN berkolaborasi dengan Pertamina dan beberapa BUMN lainnya, untuk mendorong UMKM Go Global.

Arya mengapresiasi keikutsertaan UMKM mitra binaan Pertamina, yang menghadirkan berbagai hasil karya unggulan.

“Ajang ini tidak hanya untuk pameran, juga membuka pasar baru bagi UMKM Indonesia. Khususnya mitra binaan Pertamina. Terbukti, produk UMKM yang dibawa sangat bagus, menarik dan dapat bersaing dengan produk internasional lain,” ucap Arya dalam rilisnya, kemarin.

Baca juga : Regrouping Dan Rebranding Anak Usaha, Perhutani Siap Bersaing Di Pasar Global

Pada Festival Tong Tong tahun ini, Pertamina bersyukur bisa menghadirkan mitra binaan dengan produk-produk berkualitas yang dihasilkan dari tangan terampil penjuru negeri.

Hal ini menunjukkan tingginya komitmen Pertamina, dalam menggerakkan perekonomian nasional dengan memajukan UMKM. Serta memastikan UMKM terus naik kelas menuju Go Global.

Vice President Corporate Social Responsibility & Small Medium Enterprise Partnership Program (CSR & SMEPP) Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan, 175 jenis produk UMKM tersebut berasal dari binaan Rumah BUMN Pertamina, yang tersebar di 30 titik seluruh Indonesia.

Baca juga : Bangun House of Wellness, Kemenperin Dorong Kemandirian Industri Kesehatan

Produk itu telah melalui proses kurasi ketat yang dilakukan Pertamina, serta Panitia Festival Tong Tong 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.