Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

APBD Harus Dimanfaatkan

Jokowi Minta Kepala Daerah Aktif Kendalikan Inflasi

Selasa, 11 Oktober 2022 17:11 WIB
APBD Harus Dimanfaatkan Jokowi Minta Kepala Daerah Aktif Kendalikan Inflasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah telah mengambil berbagai kebijakan untuk menjaga daya beli masyarakat sekaligus mengendalikan inflasi.

Pertama, menyalurkan bantuan sosial senilai Rp 502 triliun berupa kompensasi dan subsidi.

Baca juga : Presiden Minta Kepala Daerah DIY Kendalikan Harga Pangan dan Inflasi

“Pemerintah juga memberikan bantuan sosial, baik berupa kompensasi dan subsidi ini besarnya luar biasa. Angkanya Rp 502,6 triliun. Ini angka yang gede sekali. Tapi, ini kita lakukan karena ingin konsumsi tetap. Konsumsi masyarakat tetap terjaga, dan daya beli masyarakat tetap terjaga," ujar Jokowi.

Kedua, pengendalian inflasi secara makro dan mikro.

Baca juga : Demokrat Apa Mau Dikendalikan Paloh

Presiden menyebut, pengendalian inflasi dapat dilakukan tidak hanya dengan menaikkan suku bunga BI. Tetapi juga dengan memberikan kewenangan kepada daerah, untuk menggunakan dua persen dana transfer umum dan belanja tidak terduga untuk pengendalian inflasi. Salah satunya, dengan subsidi transportasi.

"Jadi, misalnya ada kenaikan bawang merah di sebuah provinsi, Lampung misalnya. Itu kita lihat, sumber bawang merah di mana? Brebes. Jadi, Pemda Lampung bisa beli langsung ke Brebes. Atau menutup ongkos transportasi dari Brebes ke Lampung. Itu dibebankan di APBD. Setelah kita hitung-hitung, biayanya juga sangat murah,” beber Jokowi. ***

Baca juga : Daerah Harus Kerja Keras Tekan Inflasi

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.