Dark/Light Mode

Eks Menkeu Chatib Basri Nilai Penyesuaian Harga BBM Keputusan Tepat

Rabu, 12 Oktober 2022 15:37 WIB
Mantan Menkeu Chatib Basri. (Foto: Ist)
Mantan Menkeu Chatib Basri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri menilai langkah pemerintah melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai kebijakan yang tepat. Dia menyarankan, beban subsidi BBM sebaiknya difokuskan pada sektor yang lebih penting.

"Daripada memberikan subsidi BBM ke masyarakat menengah atas, menaikkan harga BBM menjadi keputusan yang tepat. Saya apresiasi pemerintah meng-adjust fuel price,” ujar Chatib Basri, dalam acara BNI Investor Daily Summit 2022 di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (11/10).

Baca juga : Kick Avenue Fair Hadirkan Barang Branded Dengan Harga Terjangkau

Pria yang menjabat Menkeu pada 2013-2014 ini mengatakan, keputusan yang diambil pemerintah tersebut sudah tepat, meskipun tidak mudah. Penyesuaian harga BBM, kata dia, untuk memastikan bahwa kualitas belanja pemerintah terjamin.

Diketahui, pemerintah pada 3 September lalu memutuskan untuk melakukan penyesuaian harga BBM jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax. Harga Pertalite dari Rp 7.650 per liter naik menjadi Rp 10.000 per liter.

Baca juga : Jokowi Dan Xi Jinping Mau Jajal Kereta Cepat

Lalu, harga Solar dipatok menjadi Rp 6.800 per liter dari sebelumnya Rp 5.150 per liter. Sedangkan harga Pertamax naik dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.