Dark/Light Mode

Tingkatkan Penjualan UMKM

ShopeePay Bareng UKMIndonesia.id Bagikan Strategi Kolaborasi

Kamis, 20 Oktober 2022 10:36 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, bersama ukmindonesia.id, menghadirkan seri terakhir pelatihan virtual sebagai kelanjutan dari peluncuran buku panduan UMKM "Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay".

Mengusung topik "Strategi Kolaborasi untuk Tingkatkan Penjualan pada Kanal Digital", pelatihan ini turut dihadiri oleh pembicara dari berbagai bidang, yakni dr. Shirley Oslan, Founder Mad For Makeup; Raldiano Fawzi, Social Media Consultant, dan Eka Nilam Dari, Head of Business and Partnerships ShopeePay.

Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM dalam menyediakan berbagai solusi dan dukungan bagi UMKM lokal agar bisa berkembang dan berdaya melalui teknologi, pelatihan ini juga membagikan wawasan baru mengenai kolaborasi antar pelaku usaha dan potensinya untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Head of Business and Partnerships ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan, sejalan dengan agenda pemerintah untuk onboarding 30 juta UMKM ke ekosistem digital pada 2024, dukungan bagi para pelaku usaha lokal dalam membangun kapasitas strategis melalui pelatihan menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan.

Baca juga : Relawan Puan Gelar Senam Dan Bagikan Ratusan Sembako Di Kota BatikĀ 

"Menutup rangkaian pelatihan ShopeePay bersama ukmindonesia.id, kami sangat mengapresiasi antusiasme para peserta pada sesi kali ini yang membahas lebih lanjut mengenai potensi dan strategi kolaborasi pada kanal digital untuk meningkatkan penjualan," ujar Eka, dikutip Kamis (20/10).

Dia berharap, pembahasan ini dapat menginspirasi serta menambah wawasan bagi para peserta untuk mengoptimalkan bisnis mereka sesuai dengan perkembangan pasar.

"Pelaku usaha yang sedang mendigitalisasi bisnis atau ingin mendalami strategi bersaing di tengah kompetisi pasar juga dapat mengakses buku panduan Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay yang merangkum seluruh materi yang telah dibawakan pada sesi pelatihan ShopeePay bersama ukmIndonesia.id," imbuhnya.

Tak dipungkiri, strategi kolaborasi memang bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi bisnis yang hendak melebarkan sayapnya.

Baca juga : Tiga Pilar Banteng Bantu Korban Tragedi Kanjuruhan

Namun begitu, diperlukan perencanaan yang matang dan komprehensif mencakup berbagai aspek bisnis agar tujuan dari kolaborasi dapat tercapai dengan efektif.

Social Media Consultant ukmindonesia.id Raldiano Fawzi mengatakan, kolaborasi yang dijalankan dengan strategi, tujuan, dan partner yang tepat, dapat melambungkan produk UMKM lebih cepat, menghasilkan ide yang segar serta unik, memperluas jangkauan pasar, hingga meningkatkan brand awareness di mata masyarakat.

Sangat penting bagi pelaku UMKM untuk terus mengeksplorasi ide kreatif yang bisa disinergikan dengan mitra kolaborasi yang nantinya dapat menambah pasar baru dan menjaga loyalitas konsumen.

"Saya harap, peserta pelatihan semakin percaya diri untuk menjajaki kolaborasi sebagai salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis mereka," harap dia.

Baca juga : Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Perpusnas Gelar Literasi Kopi

Dalam sesi pelatihan ini, ada 3 langkah utama yang harus diimplementasikan oleh para pelaku usaha saat menjalankan kolaborasi bisnis.

Pertama, dalami profil calon mitra. Dalam proses memperluas pasar serta meningkatkan daya saing, kolaborasi membuka potensi bagi pelaku bisnis untuk menjangkau konsumen dalam skala yang lebih besar.

dr. Shirley Oslan, Founder Mad For Makeup menyatakan, saat menginisiasi calon mitra kolaborasi, penting untuk melakukan “background check” dan menyeleksi profil mitra yang memiliki profil bisnis yang sehat, serta memiliki target audiens yang serupa.

"Selain itu, melakukan riset citra dan persepsi konsumen terhadap calon mitra juga dapat dilakukan untuk memastikan kolaborasi tetap relevan dan dapat diterima dengan baik oleh target audiens kita nantinya," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.