Dark/Light Mode

Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Perpusnas Gelar Literasi Kopi

Sabtu, 1 Oktober 2022 09:48 WIB
Foto: Dok Perpusnas
Foto: Dok Perpusnas

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingginya margin bisnis kopi membuat bisnis kopi menjadi semakin digandrungi masyarakat.

Budaya minum kopi yang kini telah menjadi bagian gaya hidup modern, menjadi salah satu faktor tumbuh dan berkembangnya bisnis kopi hingga ke pelosok daerah, baik kopi star up maupun bisnis kopi konvensional.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa, Universitas Bung Karno Gandeng DPP PA GMNI

Tren bisnis kopi ini mendapat perhatian Perpusatakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), dengan menggelar program kewirausahaan kopi bertajuk “Literasi Terapan Usaha Kopi Nusantara”.

Program pengembangan kewirausahaan kopi ini secara resmi telah dibuka pada 19 September 2022 oleh Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Agus Sutoyo, yang mewakil Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dan Ofy Sofiana, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi. Pada kesempatan itu, Agus Sutoyo mengatakan Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, seperti kopi gayo, toraja, dan kopi-kopi lainnya sudah sangat mendunia.

Baca juga : Penyesuaian Tarif Angkutan Penyeberangan Belum Sesuai Harapan Pengusaha

Tentunya ini menjadi peluang besar bagi para pelaku kewirausahaan kopi di Indonesia.

“Dengan peluang yang sangat besar tersebut, Perpusnas RI kembali menyelenggarakan Literasi kopi untuk yang ketiga kalinya di tahun 2022. Kegiatan ini merupakan literasi terapan dan inklusif memberdaya masyarakat pada usaha kopi asli Nusantara atau kopi Preneur sehingga usaha kopi nusantara ini dapat terus berkembang,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (1/10).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.