Dark/Light Mode

Tiga Pilar Banteng Bantu Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 12:34 WIB
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah saat takziah ke rumah duka keluarga korban tragedi Kanjuruhan yang berdomisili di Malang Raya, Senin (3/10). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah saat takziah ke rumah duka keluarga korban tragedi Kanjuruhan yang berdomisili di Malang Raya, Senin (3/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tragedi Stadion Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (1/10) lalu masih menyisakan duka mendalam. Bukan hanya bagi masyarakat yang sanak keluarganya menjadi korban, melainkan juga duka bagi bangsa Indonesia.

Perasaan duka tersebut juga disampaikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Presiden RI ke 5 tersebut menugaskan Ahmad Basarah dan Tri Rismaharini, baik dalam kapasitasnya sebagai Pejabat Negara Wakil Ketua MPR dan Mensos, juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan, untuk langsung takziah ke rumah duka keluarga korban yang berdomisili di Malang Raya.

"Instruksi dari Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri kepada 3 Pilar Partai harus turun mendampingi dan meringankan beban yang harus ditanggung keluarga daripada korban tragedi kerusuhan itu," kata Ahmad Basarah di Kantor Kecamatan Klojen, Kota Malang, Senin (3/10).

Baca juga : Jokowi Beri Santunan Rp 50 Juta Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Megawati juga perintahkan langsung tiga pilar partai PDI Perjuangan Malang Raya, Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah Kabupaten Malang dan Kota Batu, Ketua DPRD & Fraksi PDI Perjuangan Malang Raya serta Ketua DPC PDI Perjuangan Malang Raya untuk saling bergotong royong membantu dan takziah langsung ke rumah keluarga korban sekaligus kita menyambung silaturahmi.

"Untuk Korban di luar Malang seperti Probolinggo, Pasuruan dan kota-kota lain, bela sungkawa Ibu Ketua Umum akan di wakilkan kepada Pengurus DPC dan Fraksi Partai masing-masing," terang Basarah.

Wakil Ketua MPR yang juga Anggota Komisi X DPR RI ini memberikan apresiasi atas penanganan pasca tragedi kemanusiaan itu. Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat terutama Kementerian Sosial dan Kemenko PMK yang sudah responsif menangani paska insiden tersebut.

Baca juga : Kemenangan Timnas 14-0 Atas Guam Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

"Ini adalah cara pemerintah hadir untuk berada di tengah rakyatnya yang sedang berduka," papar Basarah.

Termasuk dia juga memuji langkah Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan juga Kabupaten Malang yang telah memberikan santunan kepada keluarga korban meninggal dunia serta menggratiskan proses pengobatan dan perawatan bagi para korban luka-luka dalam tragedi tersebut.

"Ini langkah yang sangat baik, melalui penanganan yang cepat dan responsif bisa menghindari jatuhnya korban-korban lanjutan bisa diminimalisir. Dan mereka yang terluka bisa mendapatkan perawatan secara optimal," jelas Basarah.

Baca juga : Duka Kanjuruhan Sampai Ke Vatikan

Di sisi lain, Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini menyampaikan, dia sekaligus mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengucapkan turut berdukacita yang mendalam kepada korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

"Yakinlah almarhum dan almarhumah Insya Allah diberikan khusnul khotimah. Karena itu mari kita bersama ikhlaskan, karena dengan keikhlasan akan melapangkan jalan almarhum dan almarhumah berada di tempat yang terbaik di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ucap Tri Rismaharini, di Kantor Kecamatan Klojen, Kota Malang, Senin (3/10).

Turut hadir bersama Ahmad Basarah & Mentri Sosial, Menko PMK, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Sri Untari, Bupati Malang Sanusi, Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, dan Fraksi PDI Perjuangan Se-Malang Raya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.