Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Astra Berikan Pelatihan Kurikulum Merdeka Kepada 600 Guru Di Rote

Sabtu, 12 November 2022 23:04 WIB
Bupati Kabupaten Rote, Paulina Haning Bullu meninjau produk hasil sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) dalam acara seminar nasional di Rote Ndao. (Foto: Ist)
Bupati Kabupaten Rote, Paulina Haning Bullu meninjau produk hasil sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) dalam acara seminar nasional di Rote Ndao. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) mendukung penerapan Kurikulum Merdeka.

Untuk mensosialisasikan Kurikulum Merdeka, YPA-MDR menggelar seminar nasional pendidikan bertajuk “Mewujudkan Kemerdekaan Belajar Melalui Kurikulum Merdeka” di Rote Ndao, Sabtu (12/11).  Pada kegiatan ini juga , terdapat Expo Pendidikan yang memamerkan karya inovasi guru dan siswa binaan seperti aplikasi pembelajaran, media ajar dan produk kearifan lokal. 

Turut hadir Bupati Kabupaten Rote Ndao, Paulina Haning Bullu. Dia memberikan apresiasi kepada guru-guru yang memiliki semangat berkarya dan berinovasi.

Baca juga : OMG Jakarta Berikan Bantuan Lahan Untuk Puluhan Petani Kota Di Duren Sawit

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 500 peserta ini menghadirkan narasumber ahli, yaitu Pengembang Kurikulum Ahli Madya Kemdikbudristek Baharudin, Dosen Senior UNWIRA Alfons Bunga Naen dan Wakil Dekan Fakultas MIPA UKSW, Assoc. Prof. Wahyu Hari Kristiyanto.

Selain itu 16 guru binaan dari berbagai wilayah akan melakukan deseminasi karya inovasi pembelajaran yang telah berprestasi diajang Lomba Inovasi Karya  (LINKAR) dan Pekan Inovasi Guru (PIGUR) beberapa waktu lalu. 

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan, sebagai upaya untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, YPA-MDR terus bekerjasama dengan berbagai universitas untuk menjadi narasumber dalam melakukan program pembinaan dan pelatihan di sekolah-sekolah.

Baca juga : 4 Pemain Muda Merapat Ke TC Borneo FC Di Yogya

Adapun pelatihan yang diberikan kepada sekolah-sekolah binaan adalah pelatihan intensif implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), pelatihan intensif Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) atau Asesmen Nasional, pelatihan intensif literasi guru, pelatihan intensif numerasi melalui Program CerMat (Cerdas Matematika), dan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan inovasi pembelajaran. 

Melalui seminar nasional ini, YPA-MDR berharap guru mendapatkan pemahaman mendalam mengenai konsep, pengertian, struktur dan teknis implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sesuai standar pemerintah serta mendapatkan inspirasi dalam memulai ataupun melanjutkan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah. 

YPA-MDR yang berdiri sejak tahun 2009 adalah yayasan yang secara khusus didirikan dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk sebagai pelaksana kontribusi sosial berkelanjutan bidang pendidikan dengan membina sasaran sekolah-sekolah di daerah tertinggal di Indonesia dan menjadi wujud dari pilar Astra untuk Indonesia Cerdas.  

Baca juga : Lestari Ingatkan Pentingnya Penanaman Nilai Kebangsaan Sejak Dini

Visi, misi dan goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera. Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya.

Selain itu, YPA-MDR juga memberikan bantuan berupa sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 110 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 Kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunungkidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.