Dark/Light Mode

KTT B20, Telkom dan Google Cloud Jalin Kolaborasi Strategis

Selasa, 15 November 2022 10:58 WIB
Direktur Digital Bisnis Telkom, M. Fajrin Rasyid (kanan) dan Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie (kiri) pada acara Strategic Partnership Announcement antara Telkom dan Google di Nusa Dua, Bali Senin (14/11).
Direktur Digital Bisnis Telkom, M. Fajrin Rasyid (kanan) dan Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie (kiri) pada acara Strategic Partnership Announcement antara Telkom dan Google di Nusa Dua, Bali Senin (14/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)  B20, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan Google Cloud melakukan kolaborasi strategis untuk mewujudkan visi Telkom menjadi perusahaan telekomunikasi digital terkemuka.

Dengan menggabungkan kompetensi utama dari Google Cloud dan memanfaatkan kemampuan tambahan di Android, Google Ads dan Grow with Google, Telkom ingin memainkan peran integral dalam mendukung Indonesia Digital 2024 dan mendukung perusahaan meraih peluang pertumbuhan inklusif dalam ekonomi digital yang bernilai US$130 miliar pada tahun 2025.

Menurut Direktur Bisnis Digital Telkom Indonesia, Muhamad Fajrin Rasyid, Telkom memiliki tanggung jawab untuk membangun infrastruktur dan platform digital cerdas yang dapat diakses oleh semua masyarakat dan berkontribusi pada pembangunan bangsa sekaligus memfasilitasi digitalisasi di seluruh industri.

Baca juga : B20 Summit, Telkom Kolaborasi Dengan Indosat Genjot Ekonomi Digital

“Telkom bekerja sama dengan mitra-mitra strategis untuk mendukung terwujudnya amanat nasional ini. Google dipilih atas pengalamannya yang luas dalam membangun platform dan ekosistem terpercaya di seluruh dunia,” ujar Fajrin Selasa (15/11) . 

Ia mengatakan, kemitraan dengan memanfaatkan keunggulan utama kedua perusahaan akan memperkuat kemampuan untuk menciptakan ekosistem digital terkemuka dengan talenta dan solusi yang tepat untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. 

“Kemitraan ini juga menjadikan Indonesia sebagai salah satu ekonomi paling kompetitif di dunia,” ucapnya.

Baca juga : KTT G20, Telkom Pastikan Infrastruktur Dan Layanan Telekomunikasi Aman

Dalam kesempatan sama, Country Director Indonesia Google Cloud, Megawaty Khie mengatakan, bahwa berinvestasi dalam membangun kemampuan digital guna memperkuat tujuan bersama sangat penting untuk pulih lebih kuat dari dampak pandemi global, dan menciptakan fondasi pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan

“Kolaborasi ini bertujuan untuk membina talenta yang terampil dalam memanfaatkan teknologi cloud dan konektivitas untuk menciptakan solusi terbaik di kelasnya. Ini akan mendukung transformasi digital di setiap industri, baik itu untuk memberikan layanan publik yang berpusat pada masyarakat dan sistem kesehatan yang adil, atau mendorong inklusi keuangan dan efisiensi produksi manufaktur,” pungkasnya.

Adapun kolaborasi yang dibangun mencakup empat strategi penting. Pertama, mempercepat transformasi digital di seluruh industri Google Cloud dan Telkomsigma untuk mempercepat digitalisasi di sektor-sektor prioritas utama sesuai Peta Jalan Indonesia Digital 2024. 

Baca juga : Forum 2045 Gelar Seminar Kolaborasi Di UGM

Kedua, menjembatani kesenjangan talenta digital nasional. Telkom dan Google Cloud akan mendirikan Cloud Center of Excellence (CCoE) yang terdiri dari ahli cloud architecture, edge computing, manajemen data, dan modernisasi aplikasi. Dengan memfasilitasi program peningkatan keterampilan dan sertifikasi internal melalui kurikulum yang digunakan Google untuk melatih ahli teknisnya di seluruh dunia, CCoE akan menginspirasi seluruh anak perusahaan dan unit bisnis Telkom.Ketiga, memberdayakan startup Indonesia untuk berkembang dan berskala global. Dan Keempat, menghadirkan infrastruktur cerdas dan layanan digital berkualitas tinggi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.