Dewan Pers

Dark/Light Mode

Tingkatkan Kualifikasi Surveyor, BKI Gelar Pelatihan Auditor Tingkat Nasional

Rabu, 16 November 2022 12:18 WIB
Foto: Dok. BKI
Foto: Dok. BKI

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak di bidang Testing Inspection and Certification (TIC) dan induk dari Holding Jasa Survey (IDSurvey) meyakini, kualitas surveyor dan auditor adalah kunci kesuksesan dalam pelayanan kepada pelanggan atau klien.

Kepala Cabang BKI Batam, Budi Isrofi mengatakan, hal ini sejalan dengan arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir April lalu. Sehingga, BKI berkomitmen untuk terus melakukan transformasi dan inovasi, khususnya dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Berita Terkait : Ganjar Tingkatkan Talenta Dan Kualitas Pendidikan Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus

“Kami melakukan berbagai pelatihan yang bisa meningkatkan kompetensi SDM, khususnya internal BKI. Salah satunya, dengan menggelar  Peningkatan Kualifikasi Surveyor BKI sebagai Auditor Sistem Manajemen Keselamatan dan Keamanan - Maritime Management System Auditor (MMSA) tingkat nasional,” ujarnya, dalam keterangan resminya, Selasa (15/11).

Budi menjelaskan, kegiatan ini berlangsung selama lima hari dari 7 hingga 11 November 2022. Di mana, jumlah peserta yang berpartisipasi dalam pelatihan sekaligus ujian ini, sebanyak 34 surveyor.

Berita Terkait : Perpusnas Akan Selenggarakan Gemilang Perpustakaan Nasional

"Nantinya, mereka akan menjadi calon auditor dari BKI pusat yang memiliki andil untuk melakukan TIC di nasional dan global," ujar Budi. 

Menurutnya, hal ini berguna untuk peningkatan kualifikasi mereka sebagai auditor manajemen keselamatan dan keamanan.

Berita Terkait : Dukung Net Zero Emmision, IATMI Gelar Simposium Ketahanan Energi Nasional

Budi menilai, pelatihan ini merupakan hal penting bagi seorang calon auditor. Karena auditor inilah nanti yang akan memberikan pemahaman materi serta penilaian kepada personel atau perusahaan kapal atau pelayaran.

“Tujuannya, agar industri pelayaran bisa mendapatkan sertifikasi maupun pemahaman International Safety Management Code (ISM Code) dan International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code) atau aturan lain yang menyeluruh, mengenai langkah-langkah untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan,” bebernya.
 Selanjutnya