Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Utamakan TKDN, KAI Raih Penghargaan Anugerah Cinta Indonesia 2022

Selasa, 1 November 2022 17:26 WIB
Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury (kanan) didampingi Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (kiri) menyerahkan penghargaan kepada EVP KAI Daop 1 Jakarta Suryawan Putra Hia di Hotel Four Season, Jakarta pada Kamis (27/10). (Dok. KAI)
Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury (kanan) didampingi Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (kiri) menyerahkan penghargaan kepada EVP KAI Daop 1 Jakarta Suryawan Putra Hia di Hotel Four Season, Jakarta pada Kamis (27/10). (Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendapatkan penghargaan Anugerah Cinta Indonesia 2022 kategori Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri Sektor Perhubungan dan Transportasi.

Penghargaan yang diselenggarakan oleh Republika ini diberikan kepada  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki komitmen dalam implementasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury dan Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi kepada EVP KAI Daop 1 Jakarta Suryawan Putra Hia di Hotel Four Season, Jakarta pada Kamis (27/10).

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengucapkan terima kasih atas apresiasi tersebut. Penghargaan ini menunjukkan bahwa KAI menaruh perhatian yang tinggi akan penggunaan produk dalam negeri (PDN) serta implementasi TKDN di tubuh perusahaan.

Baca juga : Jelang Akhir Tahun, PNM Raih 2 Penghargaan Internasional

“KAI berkomitmen tinggi mendukung peningkatan penggunaan PDN serta perkembangan UMKM sebagai penggerak ekonomi kerakyatan dalam skala nasional secara berkelanjutan. Kami selalu mengedepankan produk-produk lokal dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk menggerakkan perekonomian bangsa,” kata Didiek.

Saat ini, persentase antara anggaran belanja PDN dibandingkan anggaran belanja keseluruhan pada Opex dan Capex KA mencapai 88,05 persen.

Belanja PDN yang dimaksud adalah belanja produk barang atau jasa yang diproduksi atau dikerjakan perusahaan yang berinvestasi dan berproduksi di Indonesia, menggunakan seluruh atau sebagian tenaga kerja WNI.

Dan prosesnya kata dia, menggunakan bahan baku atau komponen yang seluruh atau sebagian berasal dari dalam negeri.

Baca juga : Salurkan Zakat Secara Transparan, Pupuk Kaltim Borong 3 Penghargaan Di Ajang UPZ Award 2022

"Dalam hal belanja PDN, KAI juga mengutamakan penawaran yang memiliki TKDN lebih besar," tutur Didiek.

Tujuannya untuk meningkatkan TKDN pada proses Pengadaan Barang dan Jasa di perusahaan. Serta mendukung kebijakan pemerintah tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk UMKM.

Dikatakan, pada pengadaan untuk kebutuhan perawatan sarana kereta api di 2022, KAI memiliki rata-rata implementasi TKDN sebesar 64 persen.

Adapun barang-barang yang dibeli seperti komponen pengereman, AC kereta, komponen genset, komponen suspensi, mur dan baut kereta, dan berbagai suku cadang lainnya.

Baca juga : 17 RW Di Jakarta Raih Penghargaan Kampung Iklim

"KAI melakukan pengadaan produk-produk tersebut baik dari BUMN ataupun swasta dengan kualitas yang teruji," katanya

Untuk semakin mengoptimalkan produk domestik, KAI telah menetapkan Roadmap penggunaan PDN dan implementasi TKDN yang diketuai oleh Division Head of Logistic KAI Agustiawan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.