Dark/Light Mode

Nikmati Kopi Kolombia, Excelso Hadirkan Juara Dunia Barista 2021

Selasa, 22 November 2022 18:36 WIB
Diego Campos (kedua kiri), World Barista Champion 2021 bersama bersama petinggi Excelso di Excelso Central Park , Jakarta, Selasa (22/11). (Foto : ist)
Diego Campos (kedua kiri), World Barista Champion 2021 bersama bersama petinggi Excelso di Excelso Central Park , Jakarta, Selasa (22/11). (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Merayakan hubungan Indonesia dan Kolombia sebagai penghasil kopi terbesar di dunia, Excelso Multirasa mempersembahkan momen istimewa “Colombian Coffee Experience” bersama dengan Diego Campos, World Barista Champion 2021 di Excelso Central Park, Jakarta, Selasa (22/11).

Kolombia berada di peringkat ketiga negara penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam, sementara Indonesia berada di urutan keempat. 

Direktur PT. Excelso Multirasa, Liechar Solihin mengatakan sebagai kafe terdepan di Indonesia yang selalu menyuguhkan kopi terbaik kepada penikmat kopi di tanah air, Excelso mendapatkan kehormatan besar bisa berkolaborasi dengan Kedutaan Kolombia dengan menghadirkan langsung Diego Campos sebagai World Champion Barista 2021.

Baca juga : IndiHome & Vidio Kolaborasi Tayangkan Siaran Piala Dunia 2022

"Ajang ini sekaligus mengundang para pecinta kopi di Indonesia untuk menikmati kopi terbaik dari Indonesia dan dari belahan dunia lain. Kali ini kami sengaja menyuguhkan kopi terbaik dari Kolombia, yang akan diracik langsung oleh Diego Campos,” kata Liechar Solihin, Direktur PT. Excelso Multirasa.

Mayoritas kopi yang dihasilkan oleh Kolombia, adalah kopi arabika. Sejarah kopi Kolombia sendiri telah berlangsung lebih dari 200 tahun. 

“Sungguh tidak mengherankan dengan sejarah sepanjang ini, kopi Kolombia menjadi salah satu jenis kopi yang dianggap terbaik kualitasnya oleh penggemar kopi. Kami berharap para pelanggan setia Excelso bisa merasakan pengalaman tentang kopi Kolombia yang berbeda melalui acara ini. Ke depannya, kami akan menghadirkan kopi terbaik dari berbagai tempat lainnya, di berbagai outlet Excelso.” kata Liechar lebih lanjut. 

Baca juga : Pamerindo Kembali Hadirkan Pameran B2B Plastics & Rubber Indonesia 2022

Diego Campos Diego memulai kariernya sejak berusia 18 tahun. Pekerjaan pertamanya adalah sebagai roaster untuk sebuah perusahaan specialty coffee yang berbasis di Bogota. 

“Saya bekerja sejak berusia 18 tahun, sejak tahun 2008. Pengalaman ini sangat bermakna bagi hidup saya yang ingin saya dedikasikan untuk dunia perkopian. Menjadi Juara Dunia Barista (World Barista Champion) adalah impian yang menjadi kenyataan,” kata Diego yang sejak masa mudanya rajin mengikuti kompetisi barista di waktu-waktu senggangnya.

Diego dinobatkan sebagai juara barista di Kolombia pada tahun 2014, sebelum kembali memenangi kompetisi serupa di tahun 2016 dan 2019. Gelar World Barista Champion diraihnya pada 2021 di Milan, Italia.

Baca juga : Fernandes Soroti Pelanggaran HAM Di Piala Dunia Qatar 2022

Diego yang memiliki perkebunan kopi bernama Finca El Diamante di Huila, Kolombia, tinggal bersama istri dan anaknya, dan kini sedang memfokuskan diri untuk berbagi pengalamannya tentang kopi kepada generasi muda produser kopi di Kolombia. 

“Saya sangat bersemangat untuk menyebar-luaskan pengalaman saya, bahwa perubahan sekecil apapun dalam hal penanaman, pemanenan dan teknik memproses kopi, akan berdampak besar terhadap kualitas kopi yang dihasilkan,” kata Diego sambil menutup pembicaraan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.