Dark/Light Mode

5 Kali Berturut-turut, Sido Muncul Raih Penghargaan Industri Hijau Dari Kemenperin

Minggu, 27 November 2022 12:59 WIB
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kiri) saat menerjma Penghargaan Industri Hijau dari Kemenperin. (Foto: Dok. Sido Muncul)
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kiri) saat menerjma Penghargaan Industri Hijau dari Kemenperin. (Foto: Dok. Sido Muncul)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. kembali mendapatkan Penghargaan Industri Hijau Level 5 atau level tertinggi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Penerimaan penghargaan ini diwakilkan oleh General Manager Lingkungan Sido Muncul, Hadi Hartojo, di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Jumat (25/11).

Penghargaan Industri Hijau yang diraih Sido Muncul Ini adalah penghargaan kelima kalinya. Sehingga Sido Muncul mendapat level tertinggi dari penghargaan Kemenperin ini, yaitu pada 2017, 2018, 2019, 2021 dan 2022. Di tahun 2020 ajang pemghargaan ditiadakan karena pandemi Covid-19 yang sedang memuncak.

Hadi Hartojo mengatakan, penghargaan Industri Hijau yang diterima Sido Muncul ini tak bisa lepas dari pengurusan pabrik dan limbah yang selalu memperhatikan lingkungan sekitar sehingga semua pengelolaannya maksimal, tanpa menganggu lingkungan di sekitar pabrik.

Baca juga : Kemenperin: Penerapan Industri Hijau Kerek Daya Saing Industri

Penghargaan ini menjadi bukti bahwa Sido Muncul telah memenuhi Standar Industri Hijau (SIH), yakni pedoman bagi perusahaan industri untuk menerapkan prinsip-prinsip industri hijau dalam proses produksinya.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, merasa bangga dengan penghargaan Industri Hijau yang diraih. Menurutnya ini sebagai jerih payah seluruh elemen di perusahaannya untuk menjadi perusahaan yang peduli lingkungan.

 

Lima buah Penghargaan Industri Hijau yang diraih Sido Muncul dari Kementerian Perindustrian. (Foto: Dok. Sido Muncul)

 

Baca juga : Dirut PNM Raih Penghargaan Award CEO Of The Year

“Hari ini Sido Muncul mendapatkan Penghargaan Industri Hijau level tertinggi dari Kementerian Perindustrian. Buat saya ini sangat menggembirakan karena perusahaan kami bisa menjadi perusahaan yang berwawasan lingkungan," ujar Irwan yang ditemui secara daring dari Semarang.

Irwan menambahkan, saat ini masyarakat termasuk konsumen setia Sido Muncul sudah semakin kritis menanggapi isu-isu seputar pelestarian lingkungan. Sebagai perusahaan asli Indonesia, Sido Muncul ingin ikut berkontribusi dalam membantu pemerintah mencapai target penurunan emisi karbon.

Komitmen yang dilakukan Sido Muncul adalah pengadaan berbagai fasilitas pendukung guna menerapkan proses produksi yang lebih ramah lingkungan.

Lebih lanjut Irwan menambahkan Penghargaan Industri Hijau yang diterima ini, tidak membuat Sido Muncul berhenti melakukan aksinya menjadi perusahaan berwawasan lingkungan.

Baca juga : 6 Bandara Angkasa Pura I Raih Penghargaan dari Kemenkes

"Ke depannya Sido Muncul akan terus melakukan berbagai inovasi untuk produknya maupun pengolahan limbah sebagai aksi menjaga lingkungan, tak hanya di dalam pabrik namun juga di sekitarnya," tegas Irwan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.