Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top! 7 Badan Usaha Bioenergi Ini Raih Penghargaan Subroto Dari Kementerian ESDM

Rabu, 2 November 2022 14:27 WIB
(Dok. Kementerian ESDM)
(Dok. Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) kembali menyelenggarakan Penghargaan Subroto Bidang Bioenergi Tahun 2022 sebagai bentuk apresiasi kontribusi badan usaha bioenergi.

Penghargaan ini sekaligus mendorong peran Badan Usaha Bioenergi dalam mengelola produksi dan menerapkan ketentuan kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan secara baik sehingga dapat tercipta kegiatan penyediaan dan pemanfaatan bioenergi yang aman, andal, efektif, efisien dan ramah lingkungan.

Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menapresiasi kepada para penerima penghargaan yang telah berkontribusi dalam memanfaatkan, mengembangkan serta memajukan bioenergi.

Baca juga : Top, Jateng Raih Penghargaan Pemerintahan Transparan 4 Tahun Berturut-Turut

"Alhamdulillah, terima kasih Bapak Ibu sekalian atas upaya yang sama-sama kita rintis, kembangkan dengan berbagai macam tantangan dan sekarang sudah membuahkan hasil yang sangat baik, berkontribusi bagi energi maupun lingkungan," ujar Dadan mengawali sambutannya di IPB Convention Center, Bogor, Selasa (1/11).

Menurut Dadan, kontribusi bioenergi tahun ini berada di sekitar 10,4 juta KL atau setara dengan 200 ribu barel setara minyak per hari (barrel oil equivalent per day/boepd).

Hal tersebut sangat membantu jika melihat produksi dan konsumsi minyak dalam negeri saat ini.

Baca juga : Utamakan TKDN, KAI Raih Penghargaan Anugerah Cinta Indonesia 2022

"Kami mengkaji, bagaimana kalau konflik Rusia - Ukraina mengakibatkan supply BBM kita terganggu. Karena kita menggunakan sekitar 1,5 juta barrel oil dan di dalam negeri memproduksi 620 ribu. Dengan produksi kita (bbn) tahun ini yang setara dengan 200 ribu barel, jika ditotal dengan produksi minyak dalam negeri menjadi sekitar 800 ribu maka kita berkontribusi 25 persen terhadap produksi dalam negeri," terang Dadan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bioenergi Edi Wibowo dalam laporannya mengungkapkan Penghargaan Subroto Bidang Bioenergi Tahun 2022 ini merupakan perhelatan kali yang kedua.

Penghargaan Bioenergi pertama kali diadakan tahun 2021 dengan kategori kinerja Badan Usaha (BU) Bahan Bakar Nabati (BBN) dalam Penyaluran BBN Jenis Biodiesel dan kemudian bertambah satu kategori pada tahun 2022, yaitu kinerja pengembang pembangkit listrik bioenergi.

Baca juga : Jelang Akhir Tahun, PNM Raih 2 Penghargaan Internasional

"Penghargaan Subroto Tahun 2022 bidang Bioenergi kali ini terdiri dari 2 kategori yaitu penilaian kinerja Badan Usaha Bahan Bakar Nabati (BU BBN) dalam penyaluran BBN Jenis Biodiesel dan penilaian kinerja Pengembang Pembangkit Listrik (PPL) Bioenergi", ungkap Edi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.