Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terpilih Jadi Dirjen, Silmy Bisa Berikan Terobosan Baru Di Imigrasi

Kamis, 29 Desember 2022 19:28 WIB
Silmy Karim. (Foto: Ist)
Silmy Karim. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Associate Director BUMN Research Group Lembaga Manajemen Universitas Indonesia, Toto Pranoto mengomentari pengangkatan Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim menjadi Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Dia memprediksi, Silmy akan melakukan terobosan-terobosan baru di Imigrasi seperti yang dilakukan di BUMN.

“Saya mengenal Silmy sebagai sosok change maker di mana beliau pernah mengelola beberapa perusahaan negara yang tadinya dalam keadaan tidak cukup baik, kemudian dengan sentuhan managemen yang dilakukan, perusahaan tersebut berkembang dan bertumbuh sebagai perusahaan yang kompetitif,” jelas Toto, Kamis (29/12).

Baca juga : Kiyai Muda Jatim Dukung Ganjar Kenalkan Sistem Pendidikan Pengembangan Bahasa Arab

Menurut Toto, Silmy sebelumnya sudah melakukan perbaikan di PT Pindad (Persero), sebuah perusahaan industri pertahanan nasional, yang kemudian menjadi perusahaan yang cukup disegani di kawasan regional. Begitu pula saat saat memimpin PT Barata Indonesia (Persero), di mana saat itu perseroan tidak cukup dilirik dan dalam keadaan terpuruk hingga akhirnya dengan sentuhan transformasi yang dilakukan PT Barata Indonesia dapat berkembang menjadi pemain domestik yang cukup handal.

“Namun yang paling fenomenal adalah ketika memimpin Krakatau Steel, bagaimana perusahaan baja nasional sebagai raksasa yang tertidur hampir 8 tahun merugi kemudian dengan kiprah yang dilakukan Silmy bersama timnya mampu mengubah posisi Krakatau Steel dalam waktu yang singkat menjadi perusahaan yang mengalami perubahan cukup signifikan,” lanjut Toto.

Baca juga : Terpilih Jadi Dirjen Imigrasi, Silmy Karim Punya Harta Rp 208,8 Miliar

Toto juga menambahkan bahwa dengan kepiawaian Silmy, terutama dalam hal persuasi kepada klien maupun manajemen, mampu membuat mereka secara bersama-sama menjadi bagian transformasi yang ingin dijalankan. “Saya kira kemampuan ini yang jarang bisa kita lihat di banyak eksekutif perusahaan BUMN di Indonesia,” ujar Toto.

Menutup pernyataanya, Toto berharap, dengan posisi baru Silmy di Imigrasi akan mampu juga membuat terobosan-terobosan baru sebagai bagian dari birokrasi. 

Baca juga : Santri Di Lampung Sosialisasikan Kinerja Ganjar Pranowo

“Mudah-mudahan prinsip-prinsip birokrasi modern, prinsip-prinsip new public management bisa diterapkan sehingga nanti akan ada terobosan-terobosan baru di Imigrasi. Semoga hal-hal baik yang sudah dilakukan bisa menjadi warisan bagi Indonesia yang lebih baik ke depan. Selamat buat Silmy,” tutup Toto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.