Dark/Light Mode

TASPEN Terpilih Jadi Ketua ACSPA, Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial Bagi ASN Pertama di Asia

Senin, 12 Desember 2022 13:57 WIB
Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih (kedua kiri), CEO of GEPS Korsel Hwang Seo Chong (kedua kanan), CEO of National Social Security Fund (NSSF) Kamboja HE Chhpur Sopannha, dan CEO of Government Service Insurance System (GSIS) Filipina Jose Arunflo Veloso dalam Inauguration Ceremony of Asian Civil Service Pension Association di Korsel, 28 November 2022. (Foto: Dok. TASPEN)
Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih (kedua kiri), CEO of GEPS Korsel Hwang Seo Chong (kedua kanan), CEO of National Social Security Fund (NSSF) Kamboja HE Chhpur Sopannha, dan CEO of Government Service Insurance System (GSIS) Filipina Jose Arunflo Veloso dalam Inauguration Ceremony of Asian Civil Service Pension Association di Korsel, 28 November 2022. (Foto: Dok. TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT TASPEN (Persero) senantiasa membuka peluang untuk bersinergi dan bekerja sama dengan beragam instansi, baik dari dalam atau luar negeri, guna meningkatkan kesejahteraan peserta.

Hal tersebut diwujudkan dengan menghadiri rangkaian kegiatan GEPS (Government Employees Pension Service) 40th Anniversary Seminar dan Seremoni Inagurasi Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial Asia.

Dalam gelaran tersebut, Indonesia melalui TASPEN terpilih sebagai Ketua ACSPA pertama untuk periode Januari 2023 – Desember 2024.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Asia ini, dihadiri Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih, CEO of GEPS Korea Selatan Hwang Seo Chong, CEO of National Social Security Fund (NSSF) Kamboja HE Chhpur Sopannha, dan CEO of Government Service Insurance System (GSIS) Filipina Jose Arunflo Veloso di Hotel Seogwipo Kal, Pulau Jeju, Korea Selatan pada 28 November lalu, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih mengatakan, hari ini adalah hari yang bersejarah bagi Indonesia. Khususnya bagi TASPEN, karena terpilih sebagai The First Chairman of ACSPA.

TASPEN berkomitmen akan menggalang jejaring asuransi dana pensiun bagi PNS, bersama seluruh anggota ACSPA lainnya, untuk memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan seluruh pensiunan ASN di seluruh Asia.

Asosiasi ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi, untuk memahami tren dunia dan mencari solusi permasalahan terkait pengelolaan jaminan sosial ASN.

Baca juga : Rusmin Abdul Gani Terpilih Aklamasi Jadi Ketua AMPI Sulawesi Tenggara

ACSPA akan menjadi terobosan dan awal yang baik bagi pengelolaan dana pensiun di Asia.

"Ke depan, TASPEN akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta dan membuka peluang kerja sama secara lebih luas dengan negara lain. Khususnya, di kawasan Asia," kata Kosasih.

Selain ditunjuk sebagai Ketua ACSPA pertama, TASPEN juga terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Konferensi ACSPA yang akan dilaksanakan di Bali pada tahun 2023.

ACSPA dibentuk pada tahun 2020, dipromotori oleh Government Employees Pension Service (GEPS) Korea Selatan.

Secara resmi, ACSPA diluncurkan pada 28 November 2022 di Hotel Seogwipo Kal, Pulau Jeju, Korea Selatan.

ACSPA terdiri dari berbagai negara di Asia, antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Malaysia, Thailand dan Kamboja.

CEO of GEPS Hwang Seo Chong mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi tertinggi, kepada para peserta yang hadir dalam acara Seremoni Inagurasi ACSPA 2022.

Baca juga : Partai Ka’bah Pede Bertahan Di Senayan

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pengelola dana pensiun di Asia, untuk menjalin hubungan yang baik. Memahami tren terbaru tentang reformasi pengelolaan jaminan sosial bagi PNS, dan menemukan penyelesaian masalah secara bersama-sama, serta menerapkan strategi terhadap keberlanjutan sistem pembayaran pensiun bagi ASN di Asia," papar Hwang.

Pada kesempatan yang sama, TASPEN juga melakukan perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan GEPS Korea, 29 November 2022.

TASPEN dan GEPS yang telah menjalin kerja sama sejak 2016, sepakat memperpanjang kerja sama di bidang training dan benchmarking.

Terutama, yang terkait kerja sama teknis untuk membangun sistem operasional serta proyek kolaborasi dalam pengembangan sistem pensiun, pertukaran data, informasi, pengetahuan dalam pengelolaan sistem pensiun di masing-masing negara.

MoU ditandatangani oleh Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih dan CEO GEPS Hwang Seo Chong.

TASPEN yang terpilih sebagai Ketua ACSPA, diharapkan dapat meningkatkan layanan bagi peserta di dalam negeri.

Jejaring antar institusi pengelola dana pensiun yang lebih luas, memungkinkan TASPEN berkontribusi lebih dalam memajukan jaminan sosial di Kawasan Asia.

Baca juga : Ketua BPK Isma Yatun Terpilih Jadi Ketua Panel Pemeriksa Eksternal PBB

Tentang PT TASPEN (Persero)

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia, yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia.

PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun dan Program Jaminan Kematian (JKM).

Selama masa pandemi, PT TASPEN tetap mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Peserta pensiunan dapat mengakses layanan TASPEN melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim atau mengajukan pertanyaan dan keluhan.

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, dan mengunjungi situs resmi www.taspen.co.id, dan tcare.taspen.co.id. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.