Dark/Light Mode

Di ASEAN, Ranking 1

Selamat, Soekarno-Hatta Tembus 10 Besar Bandara Tersibuk Dunia...

Senin, 9 Januari 2023 04:57 WIB
Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta diaktifkan untuk melayani penerbangan umroh, pada Oktober 2022. Jakarta-Jeddah menjadi rute kedua tersibuk di tahun 2022, setelah Jakarta-Singapura, dengan 945.943 penumpang. (Foto: Instagram)
Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta diaktifkan untuk melayani penerbangan umroh, pada Oktober 2022. Jakarta-Jeddah menjadi rute kedua tersibuk di tahun 2022, setelah Jakarta-Singapura, dengan 945.943 penumpang. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Soekarno-Hatta masih mendominasi pasar penerbangan di kawasan ASEAN, dan menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia.

Berdasarkan laporan OAG Aviation, penyedia data perjalanan udara yang berbasis di London, Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat 1 dalam daftar bandara tersibuk di ASEAN. Kapasitas kursi penerbangannya pada Desember 2022, mencapai 2,15 juta kursi.

Flightsfrom.com yang merupakan penyedia data rute dan jadwal maskapai di dunia, menempatkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara tersibuk ke-9 di dunia. Dengan 579 jadwal keberangkatan setiap hari.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II Muhammad Awaluddin menuturkan, lalu lintas penerbangan di bandara AP II, termasuk Bandara Soekarno-Hatta,  sangat tinggi pada Desember 2022.

Baca juga : Yang Mau Nonton Timnas Vs Thailand, Perhatikan Ini Ya...

“Desember 2022, bandara AP II mencatatkan lalu lintas penerbangan tertinggi di antara bulan-bulan lainnya sepanjang 2022. Ini didorong oleh semakin membaiknya kondisi di tengah pandemi. Dan periode peak season libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023," jelas Awaluddin. 

“Kami bersyukur, berkat dukungan seluruh stakeholder, Bandara Soekarno-Hatta dapat mengelola tingginya permintaan lalu lintas penerbangan dengan baik. Serta tetap memperhatikan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan kepada penumpang pesawat,” imbuhnya.

Sepanjang Januari - Desember 2022, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 40,54 juta penumpang. Atau melonjak sekitar 57 persen dibanding periode Januari - Desember 2021.

Pada 2022, lima besar rute domestik tersibuk di Bandara Soekarno-Hatta adalah dari dan ke Denpasar (4,32 juta penumpang), Deli Serdang (3,28 juta penumpang), Surabaya (2,62 juta penumpang), Makassar (2,55 juta penumpang) dan Pontianak (1,62 juta penumpang).

Baca juga : Wow Keren, Bulan Ini, Bandara Soekarno-Hatta Jadi Yang Tersibuk Di ASEAN

Sementara lima rute internasional tersibuk di Bandara Soekarno-Hatta adalah dari dan ke Singapura (1,68 juta penumpang), Jeddah (945.943 penumpang), Kuala Lumpur (863.772 penumpang), Doha (446.177 penumpang) dan Madinah (441.445 penumpang).

Awaluddin menuturkan, pemulihan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta berlangsung secara bertahap dan berkelanjutan. Didukung organisasi yang tangguh di tengah pandemi, dan kolaborasi seluruh stakeholder.

"AP II dan stakeholder dapat mengelola pemulihan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta dengan baik. Sehingga, pertumbuhan lalu lintas penerbangan dapat dilakukan secara berkelanjutan. Meningkat secara bertahap, hingga puncaknya pada Desember 2022," papar Awaluddin.

Permintaan penerbangan yang meningkat dapat diakomodir dengan ketersediaan slot time penerbangan dan fasilitas-fasilitas di bandara AP II, kesiapan armada maskapai, dukungan dari AirNav Indonesia selaku penyedia jasa navigasi penerbangan, kesigapan ground handling, serta dukungan penuh dari regulator serta TNI dan Polri.

Baca juga : Wapres Ingin BSI Masuk 10 Besar Bank Syariah Terbesar di Dunia

Secara kumulatif, sepanjang 2022, jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara AP II mencapai sekitar 62 juta penumpang. Meroket 100 persen, dibanding tahun 2021 yang hanya membukukan 31 juta penumpang. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.