Dark/Light Mode

Pengamat: Moeldoko Masuk 10 Besar Capres Karena Prestasi

Minggu, 6 Maret 2022 08:03 WIB
Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko. (Foto: Istimewa)
Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik Usman Rachman, menyoroti fenomena masuknya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam deretan 10 besar calon presiden yang dipercaya publik berdasarkan survei yang dirilis Lembaga Survei Nasional (LSN) Kamis (3/3).

Menurut Usman, tingginya elektabilitas Moeldoko merupakan hal yang menarik. Pasalnya, Moeldoko menjadi tokoh yang layak diperhitungkan dalam kontestasi pilpres 2024 murni karena hasil dari kemampuan, prestasi dan pengalaman yang dimilikinya dalam mengelola pemerintahan.

"Ini muncul fenomena bahwa beliau (Moeldoko) masuk dalam 10 calon yang memiliki elektabilitas. Perlu dilihat kalau berdasarkan studi kualitatif tentang perbandingan calon presiden, Moeldoko memiliki kemampuan dan pengalaman," ujar Usman dalam keterangannya, Minggu (6/3).

Baca juga : Ketemu Petani Di Sumba Barat, Moeldoko Beberkan Resep Cepat Kaya

"Dia juga punya modal prestasi pernah sampai menjadi Panglima TNI," lanjut Usman yang merupakan CEO Lembaga Klimatologi Politik (LKP) tersebut.

Selain itu, fenomena yang cukup menarik baginya adalah latar belakang Moeldoko yang berasal dari keluarga sederhana di sebuah desa dan berbeda dengan tokoh lainnya yang saat ini memiliki elektabilitas tinggi.

Misalnya, Prabowo yang merupakan anak menteri wajar dalam sosialisasi itu lebih tertib dan sistematis. Kemudian Anies Baswedan anak seorang profesor di UNY. Sementara Ridwan Kamil juga anak seorang dosen serta Ganjar Pranowo anak seorang polisi.

Baca juga : Hadiahi Patung Kuda, Moeldoko Buka Festival Pasola

"Kemudian kalau kita melihat Moeldoko, dia anak seorang pedagang palawija dan penjaga keamanan desa atau Hansip Desa. Nah ini yang juga mungkin perlu diperhitungkan dari sistem keberangkatannya," lanjut Usman.

Usman juga menyampaikan, elektabilitas Moeldoko tidak karena naungan sebuah partai politik.

Diketahui, Lembaga Survei Nasional menemukan fenomena menarik yaitu ditemukannya fakta dilapangan bahwa KSP Moeldoko mulai kokoh di 10 besar elektabilitas calon presiden 2024.

Baca juga : Jelang MotoGP Mandalika, Pemprov NTB Genjot Vaksinasi

Hal itu diketahui setelah pihaknya menyodorkan pertanyaan tertutup 15 nama tokoh nasional yang berpeluang dicalonkan dalam Pemilihan Presiden 2024.

"Salah satu temuan menarik dari survei LSN kali ini adalah munculnya nama KSP Moeldoko di urutan 9 dan Menteri BUMN Erick Thohir di posisi 7 elektabilitas capres," ujar Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, saat konferensi pers hasil survei nasional melalui virtual zoom meeting, Kamis (3/3).

Survei ini dilakukan pada 12-24 Februari 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah sampel sebesar 1.537 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara rambang berjenjang, batas kesalahan +/- 2,5 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan responden dengan bantuan kuesioner. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.