Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerja Sama IHC-Mayo Clinic, John Riady: Layanan Kesehatan Di Indonesia Makin Berkualitas

Rabu, 8 Februari 2023 06:48 WIB
Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk John Riady/Ist
Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk John Riady/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerja sama Indonesia Healthcare Corporation (IHC) dan Mayo Clinic, institusi kesehatan terbaik asal Amerika Serikat (AS), diyakini bakal membuat pelayanan kesehatan di Indonesia semakin berkualitas.

Hal itu disampaikan Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) John Riady dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (7/2).

Peningkatan kualitas layanan kesehatan menjadi syarat mutlak, sehingga masyarakat tidak lagi berobat keluar negeri karena tingginya biaya yang harus dikeluarkan.

“Kerja sama yang sangat baik dan patut diapresiasi. Indonesia berhasil menggandeng institusi kesehatan bonafit, seperti Mayo Clinic,” kata John.

Seperti diberitakan, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) telah menandatangani perjanjian  kerja sama dengan Mayo Clinic akhir Januari 2023.

Kerja sama ini, menurut John, sejalan dengan visi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk memadukan rumah sakit di Indonesia yang memiliki potensi dan kelengkapan infrastruktur, dengan rumah sakit bereputasi internasional di luar negeri.

Baca juga : Doakan Persahabatan Rusia-Indonesia Makin Erat

“Saya  berkeyakinan, kualitas kesehatan itu nomor satu. Sebagai negara berpenduduk 280 juta jiwa, Indonesia memiliki potensi besar menjadi destinasi pengobatan. Sektor ini menjadi fondasi kokoh membangun bidang kesehatan menjadi sumber  pertumbuhan baru ekonomi,” ucap John.

Menurutnya, untuk jangka panjang diperlukan lebih banyak langkah nyata Pemerintah untuk meningkatkan  kualitas dan institusi pendidikan kesehatan di Indonesia.

“Kami berterima kasih, Pemerintah sangat peduli pada peningkatan mutu kesehatan, ketersediaan sumber daya manusia di bidang kesehatan, dan institusi pendidikan tenaga kesejatan. Dari hulu ke hilir terus diperbaiki. Kami di Lippo Group, mengelola SILO dan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (UPH),” jelas John.

Pasalnya, lanjut John, salah satu faktor krusial penyebab kualitas kesehatan Indonesia kalah dibandingkan  negara-negara ASEAN lain karena rasio dokter spesialis yang rendah.

 Berdasarkan  standar World Health Organization (WHO) rasio dokter spesialis dan jumlah penduduk idealnya 1:1.000. Sedangkan  di Indonesia hanya sekitar  0,46:1.000.

“Saya yakin, kerja sama dengan Mayo Clinic  akan menjadi  jump start  untuk menyelesaikan  persoalan mendesak dan krusial," tegas John.

Baca juga : Idealnya, Seluruh Rakyat Dapat Layanan Kesehatan Esensial, Tanpa Bebani Kantong

Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, rumah sakit di Indonesia harus menjadi Center of Excellence(pusat keunggulan), baik di tingkat Asia maupun global. 

“Kerja sama  Mayo Clinic dan bagian dari Indonesia Healthcare Corporation (IHC) menunjukkan keinginan kuat  Pemerintah untuk  mendongkrak kualitas kesehatan masyarakat,” kata Budi.

Menurut Budi, langkah strategis yang ditempuh Pemerintah bertujuan mewujudkan pilar kedua transformasi kesehatan, melalui peningkatan akses pelayanan kesehatan rujukan yang bermutu dan terjangkau bagi  masyarakat.

Mayo Clinic dikenal luas sebagai pusat kesehatan akademis nirlaba asal AS yang fokus menyediakan pelayanan, pendidikan dan riset kesehatan.

Berdasarkan US News & Report’s Tahun  2022-2023, Mayo Clinic yang dikategorikan  sebagai  rumah sakit dengan pelayanan nomor wahid di AS, memiliki keunggulan dalam layanan spesialis diabetes dan endokrinologi, pulmonologi dan bedah paru serta urologi.

Selain itu, Mayo Clinic juga diakui memiliki predikat terbaik  untuk pelayanan kardiologi dan operasi jantung. Keunggulan spesialisasi lainnya, Mayo Clinic kerap dijadikan sebagai rujukan perawatan kanker dan neurologi.

Baca juga : Ini 10 Nama Pria Terpopuler Di Indonesia, Sutrisno Dan Slamet Teratas

Saat ini, banyak Warga Negara Indonesia (WNI) berstatus sebagai profesional di bidang kesehatan, baik perawat dokter maupun dokter spesialis yang tinggal di luar negeri.

SILO sebagai salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia juga terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan nasional. SILO menyediakan berbagai fasilitas dan beasiswa kepada para dokter untuk memperoleh keahlian dokter spesialis.■

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.