Dark/Light Mode

WZWF Serukan Lembaga Zakat Wakaf Sedunia Bantu Korban Gempa Turki dan Suriah

Kamis, 9 Februari 2023 23:46 WIB
Foto: Ust.
Foto: Ust.

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa berkekuatan 7,8 SR mengguncang Gaziantep wilayah tengah Turki pada Senin, 6 Februari 2023 pukul 4.17 dini hari waktu setempat.

Survei Geologi Amerika Serikat mengemukakan bahwa gempa berkekuatan 7,8 SR ini terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat (01:17 GMT) di kedalaman 17,9 km (11 mil) di dekat Kota Gaziantep.

Gempa pertama merupakan salah satu yang terbesar yang pernah tercatat di Turki, bahkan guncangannya berdurasi dua menit. Pusat gempa kedua atau gempa susulan berada di daerah Elbistan di Provinsi Kahramanmaras dan berkekuatan 7,5 SR.

Baca juga : Usbat Ganjar Sumut Bersama Ratusan Warga Deliserdang Kirim Doa Untuk Korban Gempa Turki

Gempa ini menimbulkan ribuan korban jiwa serta tidak sedikit yang masih dalam proses pencarian akibat tertimbun reruntuhan bangunan.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD), setidaknya 2.379 orang di Turki tewas, beberapa ribu lainnya luka-luka serta setidaknya 5.606 bangunan runtuh. Gempa ini juga menimbulkan banyak korban jiwa di Suriah, setidaknya 1.451 orang tewas.

Menurut agen berita nasional Suriah (SANA), sebanyak 711 orang tewas sebagian besar berada di daerah Aleppo, Hama, Latakia, dan Tartus.

Baca juga : 16 Personel Muhammadiyah Standby Bantu Korban Gempa Turki, Bersama Pemerintah RI

World Zakat and Waqf Forum (WZWF) mengajak lembaga-lembaga zakat dan wakaf sedunia untuk berperan aktif dalam membantu korban gempa bumi di Turki dan Suriah.

Sebagai sebuah forum sinergi antara organisasi pengelola zakat, praktisi, akademisi dan stakeholder zakat dan wakaf lainnya, WZWF memiliki perhatian mendalam dalam krisis akibat bencana gempa bumi yang saat ini terjadi di Turki dan Suriah.

Untuk itu, WZWF mengajak seluruh organisasi zakat di seluruh dunia menunjukkan komitmennya untuk memberikan bantuan kepada korban gempa.

Baca juga : Erdogan: Gempa Turki Terburuk Dalam 84 Tahun

WZWF juga menyerukan kepada semua pihak, khususnya negara-negara anggota WZWF, untuk berdiri bersama dalam usaha memberikan bantuan darurat dan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang terkena dampak gempa bumi di Turki dan Suriah.

Zakat, infaq, wakaf dan sedekah dimaksudkan untuk mengentaskan kemiskinan dan menciptakan kesejahteraan sosial, sehingga, sebagai lembaga zakat dan wakaf global,

WZWF sangat perlu mengambil tindakan dan menanggapi tragedi ini. Berikut poin-poin seruannya:
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.