Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawan Pasang Badan Soal Logo Baznas Bantuan Dari Ganjar

Selasa, 3 Januari 2023 14:35 WIB
Logo Baznas dalam bantuan untuk kader PDI Perjuangan yang diserahkan Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Logo Baznas dalam bantuan untuk kader PDI Perjuangan yang diserahkan Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Kornas Ganjarist membela Ganjar Pranowo setelah ramai bantuan dana renovasi rumah kader PDI Perjuangan yang disalurkan Gubernur Jawa Tengah itu bertuliskan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Kader partai itu ada yang berkecukupan secara kebutuhan ekonomi, juga ada yang miskin dan berhak menerima bantuan. Baznas pun sudah memverifikasi mereka kepada dinas terkait," kata Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Ganjarist, Kris Tjantra kepada wartawan, Selasa (3/1).

Menurutnya, kader partai yang menerima bantuan renovasi rumah itu juga merupakan masyarakat Jateng. Seluruh kader PDI Perjuangan di Jateng memiliki status yang sama dengan masyarakat Jateng lainnya.

Baca juga : Terjang Banjir Di Semarang, Mak Ganjar Jateng Bagikan Bantuan Door To Door

"Yang namanya zakat, infak, dan sedekah itu disalurkan bagi orang-orang yang membutuhkan. Tidak memandang kader partai atau bukan kader partai, selama orang tersebut berhak menerima bantuan. Dan dalam konteks itu, mereka juga sama seperti yang lainnya, merupakan warga Jateng," jelasnya.

"Jadi, pemberian bantuan tersebut tidak menyalahi aturan serta ketentuan yang berlaku karena mereka itu warga Jawa Tengah yang berhak menerima bantuan," lanjut Kris.

Selain itu, ia menyebut telah lama Pemprov Jateng menjalin kerja sama dengan Baznas dalam program pengentasan kemiskinan. Pemprov Jateng juga ikut menghimpun zakat ASN untuk disalurkan ke Baznas. Dana yang terkumpul hasil dari kerja sama itu pun terus meningkat. Tahun 2022 aja sudah terkumpul lebih dari 57 miliar.

Baca juga : Ganjar Ikut Lepas KM Kelimutu Yang Bawa 6 Ribu Boks Bantuan Sembako Ke Karimunjawa

"Peningkatan itu disebabkan oleh Ganjar yang mengeluarkan SK Gubernur penghimpunan zakat dari penghasilan ASN Pemprov Jateng yang hasilnya telah disalurkan untuk pengentasan kemiskinan semua warga Jateng," sambung Kris.

Sebagaimana penjelasan Baznas, pada tahun 2021 Baznas Jateng telah menggelontorkan Rp 3,2 miliar untuk membangun 318 rehab rumah tidak layak huni (RTLH) di berbagai daerah di Jateng.

"Kalau kita lihat sejak tahun 2013-2014, sudah ribuan rumah warga miskin yang dibangun dengan dana Baznas. Semua warga Jateng, tidak memandang pendukung Ganjar atau bukan, partainya PDI Perjuangan atau bukan," terang Kris.

Baca juga : Kader PDI P Girang Dapat Bantuan RTLH Dari Ganjar

Lebih lanjut, ia mengatakan selain dengan Baznas, selama ini Ganjar telah menggalakkan upaya gotong royong pengentasan kemiskinan Jateng bersama bupati dan wali kota serta perusahaan swasta.

"Menurut saya bagus sekali program yang dijalankan oleh Ganjar. Ia melakukan gotong royong dengan berbagai pihak untuk kesejahteraan warga Jateng yang ia pimpin," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.