Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Makin Juara, Toyota Ekspor Perdana Kendaraan Listrik Buatan Lokal

Selasa, 21 Februari 2023 14:21 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melepas ekspor perdana Toyota Kijang Innova Zenix. (Foto: Adit/RM)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melepas ekspor perdana Toyota Kijang Innova Zenix. (Foto: Adit/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melepas ekspor perdana Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Ini merupakan ekspor perdana kendaraan listrik karya anak bangsa. 

Pelepasan ekspor Innova Zenix dilakukan di pabrik Toyota di Karawang, Selasa (21/2). Pelepasan ekspor dilakukan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agus datang sekitar pukul 09.45 WIB. Agus didampingi Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufik Bawazier.

Agus mengenakan setelan kemeja putih lengan panjang dengan celana panjang hitam. Sebelum melepas ekspor, Agus sempat melihat xEV center yang merupakan tempat pembelajaran elektrifikasi yang dibangun Toyota.

Baca juga : PLN Tampilkan Berbagai Inovasi Kendaraan Listrik di IIMS 2023

Usai meninjau xEV, Agus melanjutkan, dengan mengunjungi pabrik. Agus pun sempat menandatangani unit Kijang Innova Zenix hybrid yang akan diekspor. Pelepasan ekspor ini juga disaksikan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific Hao Quoc Tien.

Dalam sambutannya, Agus memuji, ide dan inovasi yang dilakukan oleh Toyota. Menurutnya, selama 50 tahun di Indonesia Toyota tidak pernah kehabisan ide dan inovasi.

Salah satu inovasi yang dilakukan Toyota, kata dia, adalah memproduksi kendaraan hybrid lokal. Bahkan, kata dia, saat ini Toyota sudah melakukan ekspor perdana.

“Kendaraan elektrifikasi menjadi bagian dari target ekspansi ekspor Toyota Indonesia ke depan, dimulai dari ekspor kendaraan hybrid yang diproduksi secara lokal. Pada hari ini terwujud pengiriman ekspor perdana kendaraan hybriddengan tipe Innova Zenix,” ujarnya.

Baca juga : Jalankan Arahan Presiden, PLN Siap Optimalkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Menurut Agus, kendaraan ini akan diekspor ke-27 negara termasuk Australia dengan jumlah 2.000 unit di tahun 2023. Hal ini membuktikan bahwa produk Indonesia mampu menembus pasar Australia yang terkenal memiliki spesifikasi yang ketat antara lain terkait dengan spesifikasi bahan bakar, spesifikasi emisi, dan spesifikasi keamanan.

Di tempat yang sama, Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono mengatakan, ekspor ini menandai peningkatan level kapabilitas dan keunggulan industri manufaktur otomotif nasional melalui aktivitas ekspor produk berteknologi tinggi ke level berikutnya. Langkah tersebut merupakan upaya untuk terus memberikan kontribusi pada pengembangan industri otomotif nasional yang telah memasuki era elektrifikasi, dan menyumbang pada neraca dagang yang positif.

“Ekspor perdana Kijang Innova Zenix ini tidak mungkin tercapai tanpa dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia, kemitraan yang kuat dari seluruh rantai pasok kami termasuk industri kecil dan menengah (IKM), dan dukungan masyarakat. Semoga kami dapat berkontribusi lebih besar lagi agar dapat bersama-sama tumbuh dan meningkatkan daya saing global untuk memenuhi perkembangan industri otomotif Indonesia dan global,” ujarnya.

Pada 2023, TMMIN menargetkan, ekspor Kijang Innova Zenix sebanyak lebih dari 8.000 unit dengan komposisi 30 persen tipe HEV dan 70 persen tipe internal combustion engine (ICE) ke negara-negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah. Diharapkan, ekspor Innova Zenix ini akan terus meningkat dari tahun ke tahun dengan target 17,000 unit di 2025 untuk tipe hybrid dan konvensional.

Baca juga : Bamsoet Dorong Pertumbuhan Industri Kendaraan Listrik Indonesia

“Ekspor perdana kendaraan elektrifikasi Kijang Innova Zenix Hybrid ini, merupakan bagian dari upaya Toyota Indonesia untuk turut serta dalam mencapai target pemerintah yaitu dekarbonisasi. Ekspor mobil utuh ini juga tentunya termasuk baterai elektrifikasi yang dirakit lokal di pabrik kami di Karawang,” ujarnya.

Menurut Warih, Toyota telah memperkenalkan beragam model kendaraan yang dapat mengurangi emisi karbon melalui strategi multipathway, baik kendaraan konvensional hemat bahan-bakar, kendaraan dengan bahan bakar bio (bio-fuel), serta kendaraan berteknologi elektrifikasi, yaitu HEV, PHEV, dan BEV, selain memproduksi lokal Kijang Innova Zenix Hybrid. “Kami akan terus mempertahankan posisi Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan elektrifikasi buatan dalam negeri, khususnya hybrid,” tambah Warih.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.