Dark/Light Mode

Dampingi Jokowi Buka IIMS 2023

Bamsoet Dorong Pertumbuhan Industri Kendaraan Listrik Indonesia

Kamis, 16 Februari 2023 17:34 WIB
Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kiri depan) bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) mendampingi Presiden Jokowi membuka IIMS 2023, di JIExpo, Kemayoran, Kamis (16/2). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kiri depan) bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) mendampingi Presiden Jokowi membuka IIMS 2023, di JIExpo, Kemayoran, Kamis (16/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Jokowi membuka Indonesia International Motor Show 2023 (IIMS 2023), di JIExpo, Kemayoran, Kamis (16/2). IIMS 2023 diikuti sekitar 170 merek kendaraan mobil dan motor, termasuk ESEMKA yang memperkenalkan kendaraan listriknya "Bima".

IIMS 2023 secara khusus telah memberikan hall bagi para produsen otomotif untuk menampilkan kendaraan listriknya. Sehingga bisa mendukung program Presiden Jokowi dalam mempercepat migrasi kendaraan berbahan bakar minyak ke bermotor listrik.

Baca juga : Buka IIMS 2023, Jokowi Dorong Industri Otomotif Genjot Ekspor

"IIMS 2023 diselenggarakan Dyandra Promosindo pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran. Menargetkan 400.000 pengunjung dengan nilai transaksi mencapai Rp 3,8 triliun. Target tersebut sangat realistis, mengingat pada IIMS Hybrid 2022 pada 31 Maret-10 April 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, faktual value transaksinya mencapai lebih dari Rp 3 triliun dengan total penjualan mencapai 9.634 unit," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang.

Ketua DPR ke-20 ini juga mendukung langkah Jokowi yang mendorong agar produsen otomotif bisa berorientasi ekspor. Mengingat sejauh ini tren penjualan otomotif di Indonesia semakin meningkat. Di tahun 2022 saja, tercatat setidaknya penjualan mobil sudah mencapai 1,48 juta unit. Serta motor mencapai 5,2 juta unit.

Baca juga : Gelar GIFS 2023, BSI Ajak Pelaku Industri Kenali Struktur Pembiayaan Syariah

"Dengan berorientasi ekspor, kendaraan yang diproduksi tidak hanya membanjiri pasar dalam negeri yang pada akhirnya menyebabkan kemacetan. Melainkan juga bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan, ekspor Completely Built Up (CBU) asal Indonesia pada Januari-November 2022 mencapai 423.619 unit. Meningkat 58,5 persen dibanding periode Januari-November 2021 sebanyak 267.224 unit," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, selain dijadikan momentum bagi pertumbuhan industri otomotif, IIMS 2023 juga harus dijadikan momentum bagi pertumbuhan industri kendaraan listrik. Terlebih pemerintah juga terus konsisten mendorong pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga : Buka Festival Montir Mania 2023, Bamsoet Dorong Pemberdayaan UMKM Otomotif

"Selain memberikan insentif kepada konsumen dalam setiap pembelian kendaraan listrik, pemerintah juga telah mendirikan Indonesia Battery Corporation (IBC), yang menjadi angin segar bagi iklim investasi serta pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Sekaligus akan meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.