Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Dukung Ketahanan Energi, PLN Pastikan Pasokan Listrik Cukup dan Andal

Jumat, 24 Februari 2023 21:37 WIB
Ilustrasi. (Dok. PLN)
Ilustrasi. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik cukup dan andal dalam upaya memperkuat ketahanan energi nasional.

Selain itu, PLN juga mendukung upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemanfaatan energi domestik secara maksimal. Dan mengurangi ketergantungan atas impor energi.

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengatakan, pemerintah terus mendorong program ketahanan energi nasional.

Beberapa program yang akan diakselerasi adalah mengurangi impor liquefied petroleum gas (LPG) dan minyak mentah.

Baca juga : Perpusnas Kembali Gelar Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional

Sekaligus mendorong penggunaan kompor listrik untuk masyarakat kelas menengah ke atas (electrifying lifestyle). Dan juga peralihan dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik.

"Saat ini kondisi kelistrikan yang paling aman memang. Oleh karena itu pemerintah mendorong adanya shifting dari energi yang berbasis impor ini ke listrik. Seperti mendorong masyarakat kelas menengah ke atas untuk menggunakan kompor listrik dan mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik," ungkap Djoko dalam Energy & Mining Outlook 2023, Kamis (23/2).

Dengan peralihan kompor listrik, Djoko mengungkapkan, keandalan listrik dalam negeri PLN saat ini akan lebih maksimal dimanfaatkan. Ketergantungan atas impor LPG juga bisa ditekan.

"Memang, dari segi ketahanan, listrik aman. Tapi kita belum masuk dalam tahap ketahanan energi, karena kita masih ada komoditi impor itu tadi, minyak mentah, LPG dan bensin," kata Djoko.

Baca juga : Dukung Pengembangan Perhutanan Sosial, Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan 11 Ton Pupuk

Pada kesempatan berbeda, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa listrik PLN sangat siap untuk memenuhi kebutuhan segala sektor, baik rumah tangga, bisnis, hingga industri.

"Kami menyadari listrik merupakan jantung dari gerak roda ekonomi nasional, untuk itu kami komitmen siap memenuhi kebutuhan listrik untuk seluruh pelanggan," tutur Darmawan.

Pada acara Energy & Mining Outlook 2023, Executive Vice President Perencanaan Strategis Pembangkitan PLN, Iwan Utama menegaskan bahwa PLN juga siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menjalankan electrifying lifestyle.

"Daya pembangkit kita cukup besar, sehingga kami yakin dapat memenuhi kebutuhan dari peningkatan demand listrik," jelas Iwan.

Baca juga : Jalankan Arahan Presiden, PLN Siap Optimalkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Iwan meyakini demand listrik di Indonesia akan terus meningkat setelah pandemi Covid-19. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik, dia yakin suplai listrik dari pembangkit PLN akan bisa segera diserap sepenuhnya oleh masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.