Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Blusukan Di Aceh Ditemani Erick

Jokowi Pastikan Pangan Aman

Sabtu, 11 Februari 2023 08:00 WIB
Kunjungan Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir ke Pasar Batuphat, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Jumat (10/2/2023). (Foto: BPMI Setpres).
Kunjungan Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir ke Pasar Batuphat, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Jumat (10/2/2023). (Foto: BPMI Setpres).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sehari setelah menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, kemarin, Presiden Jokowi langsung terbang ke Aceh. Di sini, Jokowi meresmikan pabrik NPK Pu­puk Iskandar Muda (PIM), sampai blusukan ke pasar. Jokowi memastikan stok bahan pangan aman dan harganya pun stabil.

Di agenda kali ini, Jokowi didampingi dua menteri kesayangannya yaitu, Mensesneg Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir. Sepekan terakhir, Erick memang terpantau terus menemani Jokowi. Kebersamaan keduanya dimulai saat sama-sama menghadiri resepsi akbar peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Sidoarjo, Selasa lalu.

Sehari kemudian, Jokowi dan Erick lalu terbang ke Medan untuk menghadiri peringatan HPN yang digelar, Kamis lalu. Pada Rabu malam, Erick terpantau menemai Jokowi makan durian bersama tokoh pers nasional. Rupanya, Erick terus mendampingi Jokowi saat blusukan ke Aceh.

Baca juga : Menteri Erick: BUMN Komitmen Perkuat Ketahanan Pangan

Jokowi dan rombongan melanjutkan terbang ke Aceh dengan menumpang Pesawat Kepresidenan RI-1. Pesawat mendarat di Bandara Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, sekitar pukul 8 pagi. Turun dari pesawat, Jokowi disambut Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

Kali ini, Jokowi tampil santai. Mengenakan kaus lengan panjang warna putih yang digulung sesiku, sepatu kets warna hitam, dengan pin presiden tersemat di dada kirinya. Dari Banda­ra, Jokowi langsung meluncur ke Pasar Batuphat Timur, Kota Lhokseumawe

Kehadiran Jokowi disambut warga yang sudah menunggu sejak pagi. Peda­gang, ibu-ibu, anak-anak berjejer di ping­gir jalan. Mereka berebutan ingin bersala­man dan berfoto bareng. “Pak Jokowi, Pak Jokowi," teriak warga. Jokowi melayani dengan sabar dan senyum.

Baca juga : Blusukan Ke Pasar Medan, Jokowi Cek Distribusi Beras Dan Migor

Jokowi kemudian berkeliling men­datangi sejumlah kios di dalam pasar. Di sana, Kepala Negara menyapa dan menanyakan berbagai harga sembako seperti beras, minyak goreng dan gula. Di kesempatan ini, Jokowi ikutan mem­beli tempe, cabe, dan salak. Jokowi juga memberikan bantuan berupa uang tunai dan sembako kepada para pedagang.

Dari sana, Jokowi lalu meresmikan pabrik NPK PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Kabupaten Aceh Utara. Nah, saat peresmian itu, Jokowi menceri­takan semua negara saat ini sedang dilanda krisis pangan akibat perubahan iklim dan pupuk yang langka.

Menurut dia, meskipun harga pangan melonjak, tapi harga sembako di Tanah Air masih stabil. Setidaknya, hal itu yang dilihat Jokowi di salah satu pasar di Lhokseumawe, Aceh. Ia mengatakan harga pangan seperti bawang merah, beras dan minyak goreng stabil.

Baca juga : Qodari Ungkap 2 Alasan Di Balik Pujian Jokowi Ke Partai Gerindra Dan Prabowo

"Alhamdulillah kita di sini tidak merasakan (kenaikan harga sem­bako)," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, persoalan pupuk disebabkan perang Rusia-Ukraina. Kedua negara itu merupakan produsen pupuk yang sangat besar. Masalah pupuk terse­but kemudian mengganggu pertanian di seluruh negara di mana produktivitas menurun, hasil panen berkurang, hingga membuat harga pangan naik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.