Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Munas FSP NIBA, BP Jamsostek Cilandak Gencar Sosialisasi Manfaat Program

Selasa, 28 Februari 2023 16:37 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Musyawarah Nasional (Munas) Federasi Serikat Pekerja Niaga, Bank, Jasa dan Asuransi (FSP NIBA) sukses digelar di Hotel Arosa, Jakarta Selatan pada 26-27 Februari.

Ketua Umum FSP NIBA Bibit Gunawan mengatakan, pelaksanaan Munas kali ini sekaligus juga menjadi ajang sosialisasi manfaat program BPJamsostek.

Hal ini dilakukan agar buruh bisa memahami bahwa perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sangat penting. Bibit juga mengingatkan bahwa tantangan digitalisasi akan membawa dampak bagi pekerja.

Ia mencontohkan dalam industri jasa keuangan dan perbankan, banyak pekerja yang mulai tergerus.

"Kita juga banyak melakukan pendampingan-pendampingan untuk memperjuangkan hak rekan-rekan," kata Bibit, Selasa (28/2).

Baca juga : Universitas Mercu Buana Gelar Sosialisasi Dan Pelatihan UMKM

Sementara Deputi Direktur BP Jamsostek Kantor Wilayah DKI Jakarta Deny Yusyulian menegaskan, pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat untuk perlindungan diri dari risiko saat bekerja.

Menurut Deny, dari total pekerja saat ini, masih banyak yang belum mendapatkan akses dari negara untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Untuk itu, kata Deny, kerja sama BP Jamsostek dengan FSB NIBA, Kadin, dan juga Pemerintah menjadi kontribusi penting.

"BP Jamsostek mengapresiasi kerja sama dengan serikat-serikat pekerja dan Kadin," ungkap Deny.

Deny menambahkan, bahwa dibawah kepemimpinan Direktur Utama Anggoro Eko Cahyo, seluruh jajaran BP Jamsostek dituntut untuk memikirkan kualitas hidup, kesejahteraan pekerja dan keluarganya, yang menjadi misi BP Jamsostek.

Baca juga : BP Jamsostek Cilandak Sosialiasi Manfaat Program Lewat Telekonferensi

Apalagi, saat ini ada manfaat layanan tambahan dari BP Jamsostek berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Rinciannya, bagi pekerja yang belum memiliki rumah bisa mendapatkan KPR maksimal Rp 500 juta dengan tenor peminjaman maksimal 30 tahun.

Sementara, bagi yang sudah memiliki rumah dan merenovasi bisa mendapatkan layanan pembiayaan renovasi perumahan.

"Semua ini merupakan manfaat yang diberikan negara melalui BP Jamsostek sambil terus meningkatkan kualitas hidup pekerja bersama dengan keluarganya," jelasnya.

Dalam acara itu, Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Jakarta Cilandak M. Izaddin menyampaikan beberapa paparan terkait program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Menurutnya, sosialisasi ini untuk meningkatkan pemahaman pekerja dan pemberi kerja tentang manfaat lima program BPJamsostek yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Baca juga : Komnas HAM Beri Masukan Ke KLHK Soal Mitigasi Iklim Dan Karbon

Selain itu, kata Izaddin, ada beberapa program menarik lainnya seperti Manfaat Layanan Tambahan (MLT), Jaminan Kehilangan Pekerja (JKP), dan Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda (SERTAKAN).

"Acara sosialisasi di FSB NIBA ini dalam rangka pemantapan pemahaman pentingnya jaminan sosial bagi pekerja serta sosialisasi manfaat dan program-program BP Jamsostek," ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.