Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet SWA Dan PWI, Indah Kiat Pulp & Paper Tanam Mangrove Di Mauk Tangerang

Kamis, 16 Maret 2023 10:02 WIB
Penanaman mangrove di Ketapang-Urban Aquaculture di Mauk Tangerang. (Foto: Ist)
Penanaman mangrove di Ketapang-Urban Aquaculture di Mauk Tangerang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Unit usaha APP Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Tangerang, bersama dengan para pelajar Sinarmas World Academy dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melakukan penanaman mangrove di Ketapang-Urban Aquaculture, Mauk, Kabupaten Tangerang. 

Acara ini merupakan bagian dari program kolaborasi restorasi mangrove melalui eco-education dan eco-tourism dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

"Program kolaborasi restorasi mangrove ini merupakan upaya kami untuk terus mendukung pembangunan berkelanjutan melalui kegiatan-kegiatan lingkungan yang dapat berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Serta dapat mengajak lebih banyak lagi elemen-elemen masyarakat, tidak hanya menanam namun juga dapat meningkatkan kepedulian lingkungannya dengan datang ke lokasi ini," ujar Head of Sustainability PT IKPP Tangerang, Kholisul Fatikhin, Kamis (16/3).

Baca juga : Ditemani Prabowo, Jokowi Tinjau Panen Raya Padi Di Jawa Tengah

Dalam sambutannya, Kholisul juga menambahkan, kegiatan ini juga dalam rangka mendukung upaya pemerintah merehabilitasi mangrove dalam rangka penurunan emisi karbon melalui Folu Net Sink 2030. "Selain merehabilitasi habitat laut, mangrove juga memiliki potensi besar dalam penyerapan karbon," ujar Kholisul. 

Sekretaris Camat Mauk, Saepul Anwar, memberikan dukungannya terhadap acara ini dan mengatakan, "Kami menyambut baik dukungan yang diberikan PT IKPP Tangerang dan semua pihak yang terlibat dalam acara penanaman mangrove ini. Ini adalah langkah kecil yang dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan sekitar," ujarnya.

Salah satu murid SWA, Qiara yang terlibat dalam acara tersebut menyampaikan, senang dapat berpartisipasi dalam acara ini karena dapat belajar lebih banyak tentang lingkungan.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Gelar Turnamen Mini Soccer Di Palembang

“Saya juga dapat memberikan kontribusi kecil saya untuk melindungi lingkungan melalui penanaman mangrove ini," bebernya.

Ketua PWI Tangerang Selatan, Ahmad Eko N juga menyambut positif acara ini dan mengatakan, "Kami mengapresiasi upaya PT IKPP Tangerang dalam program restorasi mangrove ini. Kami berharap acara seperti ini dapat terus dilakukan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” katanya.

PT IKPP Tangerang sendiri telah menjadi pelopor penanaman mangrove di lokasi Ketapang-Urban Aquaculture dengan total 175 ribu bibit telah ditanam di lokasi tersebut sejak tahun 2018. Dengan adanya program restorasi mangrove, diharapkan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Baca juga : Hanura Di Daerah Bersyukur

Penanaman pohon mangrove sendiri sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem pesisir dan sebagai benteng alami dalam melindungi pantai dari erosi akibat gelombang laut yang tinggi. Selain itu, mangrove juga berfungsi sebagai tempat hidup bagi ikan, kepiting, dan hewan lainnya, rx penanaman mangrove ini juga disertai dengan kegiatan pelepasliaran kepiting mimi yang berperan penting dalam menjaga ekosistem mangrove. 

Sinarmas World Academy selalu mendukung kegiatan-kegiatan alam seperti ini dan keterlibatan siswa merupakan salah satu komitmen SWA dalam mendidik generasi penerus untuk mulai menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan. Pada acara ini, selain kegiatan penanaman mangrove, juga dilakukan kegiatan layanan kesehatan dari Eka Hospital kepada warga sekitar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.