Dark/Light Mode

Persiapkan Kebutuhan Ramadan Dari Sekarang

Rabu, 8 Februari 2023 04:44 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Ramadan 2023 sudah di depan mata. Kurang dari 1,5 bulan lagi, kita akan memasuki bulan suci bagi seluruh umat Islam. Waktu yang terbilang singkat. Untuk itu, sedari sekarang, Pemerintah perlu menyiapkan segala kebutuhan dengan baik dalam menyambut Ramadan tersebut. Jangan sampai saat Ramadan tiba, kita semua kedodoran.

Kebutuhan yang harus disiapkan, utamanya adalah sembako. Pasokan beras, minyak, gula, bawang, cabe, telur, ayam, dan daging harus cukup. Jangan sampai ada kekurangan, apalagi barang tiba-tiba langka, yang bisa menyebabkan harga melonjak.

Baca juga : Pengamat: RI Butuh Undang Undang Daerah Kepulauan

Saat memasuki Ramadan, konsumsi masyarakat meningkat. Selama ini, sudah menjadi kebiasaan, saat Ramadan tiba, harga barang-barang kebutuhan pokok merangkak naik. Setiap tahun selalu terjadi begitu. Berulang-ulang. Solusi yang diambil Pemerintah, seperti operasi pasar, biasanya hanya mampu menjadi obat sesaat. Setelah itu, harga kembali naik. Akhirnya, rakyat menjadi korban kenaikan harga.

Masyarakat tentu berharap, kebiasaan kenaikan harga itu tidak terulang lagi. Cukup di tahun-tahun yang lalu saja. Ke depan, jangan lagi. Untuk itu, Pemerintah harus sigap. Selagi masih ada waktu, persiapkan kebutuhan masyarakat itu dengan baik.

Baca juga : Makutharama Di Trunojoyo

Salah satu yang harus menjadi perhatian besar Pemerintah adalah beras. Apalagi, sebelum Ramadan saja, harga beras sudah naik. Stok di Pasar Induk juga menipis. Pernyataan Menteri Pertanian bahwa stok beras banyak belum mampu menyakinkan konsumen selama pasokan di Pasar Induk tidak lancar.

Untuk itu, segera “banjiri” Pasar Induk itu dengan beras. Jika saat ini berasnya masih ada di petani, segera beli dan kemudian salurkan. Kerjanya harus cepat. Jangan berbelit-belit, dan jangan terlampau birokratis.

Baca juga : Karen Vendela, Jatuh Cinta Pada Pria Yang Salah

Untuk telur, ayam, daging, cabe, bawang, minyak, dan gula juga harus dipersiapkan dari sekarang. Lakukan manajemen taman dan ternak dengan baik. Sedari sekarang, harus dipastikan, penanaman dan pembibitan untuk Ramadan sudah dilakukan. Agar saat Ramadan tiba, para petani dan peternak bisa panen, sehingga pasokan barangnya tidak terganggu.

Pemerintah juga harus mulai memetakan kemungkinan adanya pedagang atau tengkulak nakal, yang bisa mempermainkan harga saat Ramadan tiba. Dari sekarang harus dipastikan rantai pasok dan distribusi barang aman. Sebab, pasokan melimpah akan percuma jika rantai distribusinya diganggu oleh mafia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.