Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Pegadaian Peduli, Intani Gelar Pelatihan Pertanian Organik

Kamis, 23 Maret 2023 21:18 WIB
Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani) menggandeng Pegadaian Peduli, menyelenggarakan pelatihan pertanian organik. (Foto:: Dok. Insani)
Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani) menggandeng Pegadaian Peduli, menyelenggarakan pelatihan pertanian organik. (Foto:: Dok. Insani)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Ketua Umum Intani Guntur Subagja Mahardika, menegaskan visi Intani untuk membangun kekuatan pertanian nasional.

“Kita tidak hanya membangun ketahanan pangan, tapi kita harus mandiri pangan dengan memanfaatkan semaksimal mungkin potensi lokal, dan menghindari impor,” tegasnya.

Guntur menyatakan, salah satu permasalahan pupuk pertanian saat ini adalah bahan bakunya sangat tergantung pada impor.

Baca juga : PYCH Gelar Pelatihan Manajemen Hubungan Pelanggan Untuk Kembangkan Talenta Anak Muda

“Ketergantungan pada pupuk kimia, apalagi bahan bakunya masih tergantung impor, tentu tidak menguntungkan petani dan Indonesia,” ucap Guntur.

Guntur mengajak petani dan masyarakat untuk menanam dan mengkonsumsi komoditas pertanian hasil petani lokal.

"Pertanian organik juga sangat ramah lingkungan dan kesehatan bagi konsumennya," ungkapnya.

Baca juga : Pergi Bulan Madu Tanpa Pasangan

“Disamping dapat menekan impor pupuk, pertanian organik juga dapat meningkatkan kesejahteraan petani, karena biaya produksi menjadi lebih murah dan harga jual komoditas pertanian organik lebih mahal,” sambungnya.

BUMN Pegadaian melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sangat peduli pada program lingkungan termasuk pertanian. Suksesnya program CSR lingkungan ini memperoleh ganjaran penghargaan BUMN terbaik dalam pengelolaan CSR lingkungan.

“Apresiasi untuk Pegadaian yang sangat peduli terhadap pelestarian lingkungan dan pertanian selama ini. Kolaborasi dengan Intani merupakan salah satu program strategis untuk mengembangkan pertanian yang ramah lingkungan,” tutur Guntur.

Baca juga : Sambut Ramadan Dan Idul Fitri, Telkomsel Perkuat Jaringan

Ia menyebutkan, kerja sama pelatihan pertanian dan pembuatan pupuk organik bersama Pegadaian sudah berjalan di Magelang, Bantul, Kulonprogo, dan Bogor.

“Intani sangat konsen dengan pertanian ramah lingkungan yang memanfaatkan sumber daya lokal berbasis kearifan lokal. Ini juga sesuai dengan filosofi Intani, “Tanam apa yang kita makan, makan apa yang kita tanam,”” pungkas Guntur. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.