Dark/Light Mode

PLN UIP JBB Genjot Keandalan Sistem Kelistrikan Di Menes Baru-Pandeglang

Rabu, 29 Maret 2023 21:19 WIB
Keandalan kelistrikan di Menes, Pandeglang. (Foto: Dok. PLN)
Keandalan kelistrikan di Menes, Pandeglang. (Foto: Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) kembali melakukan energize (pengisian daya) pada trafo 3 infrastruktur ketenegalistrikan Gardu Induk (GI) 150 kV (kilo volt) Menes Baru, Pandeglang, Banten, pada Senin (20/3).

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung mengatakan? bahwa pemberian daya pada trafo 3 ini akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Banten.

Kini, pada GI 150 kV Menes Baru ada daya tambahan sebesar 60 MVA (mega volt ampere) di mana sebelumnya hanya 120 MVA.

Baca juga : PLN Gerak Cepat Pulihkan Kelistrikan Usai Hujan Badai di Pekanbaru

“Saat ini GI 150 kV Menes Baru memiliki kapasitas daya sebesar 180 MVA,” ujarnya, dalam keterangan Rabu (29/3).

Padudung optimistis, penambahan daya ini akan berimplikasi positif pada peningkatan kegiatan perekonomian di kawasan Pandeglang. Khususnya, pada beberapa titik yang merupakan ikon kawasan wisata di Pandeglang.

"Sehingga, bisa mendukung peningkatan dan pertumbuhan ekonomi di Banten, khususnya di daerah Pandeglang,” tutur Padudung.

Baca juga : Ganjar Siapkan Sistem Peringatan Di Daerah Rawan

Di kesempatan yang sama, Manager UPP JBB 4, Hidbar Roberta Saragih menyampaikan, kawasan Pandeglang ini memiliki beberapa potensi wisata. Karenanya, listrik menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat.

"Beberapa destinasi wisata di Pandeglang mulai dirintis. Jadi, dibutuhkan listrik yang bisa masuk ke lokasi kawasan wisata tersebut agar iklim ekonomi dan bisnis di Pandeglang, Banten akan meningkat,” ungkapnya.

Octavianus menambahkan, dalam proses pembangunan trafo 3 ini tentunya terdapat beberapa tantangan. Salah satunya, terkait pelaksanaan pekerjaan menjelang bulan suci Ramadan tahun 1444 H.

Baca juga : DPR Ingatkan LPSK Konsisten Jaga Keselamatan Bharada E

"Kami harus bisa mengoperasikan trafo 3 ini, karena di bulan puasa masyarakat sudah menginginkan pasokan listrik yang optimal," pungkas Octavianus. ■.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.