Dark/Light Mode

Chandra Asri Petrochemical Kantongi Pendapatan Bersih Rp 35,7 Triliun

Sabtu, 1 April 2023 15:06 WIB
Chandra Asri Petrochemical di 2022 meraih laba bersih sebesar Rp 35,7 triliun. (Foto: Istimewa)
Chandra Asri Petrochemical di 2022 meraih laba bersih sebesar Rp 35,7 triliun. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) membukukan pendapatan bersih  sepanjang 2022 sebesar 2.385 juta dolar AS atau setara(Rp 35,7 triliun dibandingkan 2.580 juta dolar AS pada 2021.

Direktur Sumber Daya Manusia & Urusan Korporat Chandra Asri Suryandi menuturkan, tahun 2022 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi industri petrokimia.

Baca juga : Jadi Kapolda Metro Jaya, Karyoto Punya Harta Rp 7,7 Miliar

Menurutnya, kondisi makro ekonomi global dan arus perdagangan dipengaruhi oleh gangguan supply and demand yang belum pernah diperkirakan sebelumnya, mengingat juga lockdown di China yang berkepanjangan, inflasi dengan suku bunga yang meningkat pesat, serta perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung.

"Selain itu, harga minyak yang tinggi, dan permintaan produk yang rendah, menyebabkan marjin industri petrokimia tergerus," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (1/4).

Baca juga : Tumbuh 7 Persen, MPMX Raih Pendapatan Hingga Rp 12,7 Triliun

Suryandi menyebut, terlepas dari kondisi pasar yang sangat menantang, Perseroan berhasil mencapai titik impas secara tunai dengan Earnings Before Interest, Tax, Depreciation and Amortization (EBITDA) positif sebesar 5,3 juta dolar AS yang merupakan kinerja yang jauh lebih kuat daripada peers di industri yang sama.

Sementara itu, untuk mengatasi volatilitas yang sedang berlangsung, Perseroan terus mempertahankan kebijakan keuangan dengan prinsip kehati-hatian, serta mempertahankan posisi neraca yang kuat, dengan liquidity pool sebesar 2.673,9 juta dolar AS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.