Dark/Light Mode

Jelang Lebaran, BPS Warning Lonjakan Harga Pangan Dan Tiket Pesawat

Senin, 3 April 2023 19:02 WIB
Pedagang sayuran. (Foto: Antara)
Pedagang sayuran. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pusat Statistik (BPS) mengingatkan kepada pemerintah untuk mewaspadai lonjakan harga komoditas jelang Lebaran. Hal ini terkait bakal meningkatnya permintaan.

Hal tersebut dikatakan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Pudji Ismartini dalam konferensi pers Indeks Harga Konsumen (IHK) Maret 2023 di Jakarta, Senin (3/4).

Baca juga : Pekan Depan, KPK Klarifikasi Harta Sekda Riau Dan Pj Bupati Bombana

Beberapa komoditas yang perlu diwaspadai yakni tarif angkutan udara, daging sapi, daging ayam ras, bawang merah, telur ayam ras, dan lain-lain.

Menurutnya, pada Lebaran tahun lalu, tarif angkutan udara sehingga memberi andil inflasi 0,07 persen, telur ayam ras 0,05 persen, ikan segar dan bawang merah masing-masing 0,04 persen, serta nasi dengan lauk dan daging sapi 0,01 persen.

Baca juga : Calon Pemudik Lebaran 2023 Wajib Tahu, Tips Loading Barang Supaya Perjalanan Aman Dan Selamat

Menurut Pudji, kenaikan tarif angkutan udara biasanya disebabkan oleh tingginya permintaan menjelang Lebaran. Begitu juga dengan komoditas pangan.

Namun, ia menilai, inflasi awal Ramadan relatif lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya lantaran Ramadan tahun ini jatuh di dua bulan yang berbeda Maret dan April 2023. Sehingga dampak inflasi dari momen Ramadan tidak tercermin penuh dalam satu bulan saja.

Baca juga : Dukung Kelancaran Mudik Lebaran, Pelita Air Datangkan Pesawat ke-5

Selain itu, konsumsi masyarakat pun belum sepenuhnya normal saat ini sehingga permintaan belum terlalu tinggi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.