Dark/Light Mode

Sinergi Dengan Pertamina, PT AGP Siap Pasok HSD ke 3 Kapal Pandu Tunda

Jumat, 7 April 2023 22:08 WIB
PT Adhi Guna Putera (PT AGP) mendapat pekerjaan kontrak dengan PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, untuk mengoperasionalkan 3 kapal pandu tunda.(Foto: Dok. PT AGP)
PT Adhi Guna Putera (PT AGP) mendapat pekerjaan kontrak dengan PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, untuk mengoperasionalkan 3 kapal pandu tunda.(Foto: Dok. PT AGP)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Adhi Guna Putera (PT AGP) menjalin kerja sama dengan PT Pertamina Patra Niaga untuk mensupply pasokan HSD (High Speed Diesel) ke 3 kapal pandu tunda (Harbor Tug Boat).

Sekretaris Perusahaan PT AGP Denny Hendri Wijaya mengatakan kerja sama ini penting, mengingat kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk 3 kapal pandu tunda merupakan komponen biaya yang cukup signifikan.

Melalui kerja sama tersebut, Denny berharap security of supply batubara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B (TJB) unit 1 sampai dengan 4 berlangsung aman dan lancar.

Baca juga : Malam Ini Lawan Persebaya, PSIS Siap Bangkit Di Kandang

Denny menjelaskan, dalam hal security of supply, PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB) melakukan rantai pasok (supply chain) yang sangat ketat.

"Mulai dari stok pile, jadwal kedatangan kapal hingga pembongkaran batubara di PLTU TJB," papar Denny dalam keterangan tertulis, Jumat (7/4/2023).

Untuk itu kata dia, PT AGP telah memperoleh izin BUP (Badan Usaha Pelabuhan) berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 762 Tahun 2012 tanggal 30 Juli 2012.

Baca juga : Bitcoin Dan Kripto Naik Pasca SVB Tutup, Ini Kata Bos Indodax

"Sehingga PT AGP telah memenuhi syarat untuk mendukung pelayanan pelabuhan/terminal khusus di PLTU yang dimiliki oleh PLN," katanya.

Disebutkan, PT AGP mendapat pekerjaan kontrak dengan PLN UIK TJB untuk mengoperasionalkan 3 kapal pandu tunda.

Untuk diketahui, PT Adhi Guna Putera merupakan salah satu Anak Usaha Dana Pensiun PLN (DP-PLN). AGP merupakan perusahaan jasa bongkar muat, keagenan kapal, EMKL (Sea Ship Loading Expedition) dan jasa kepelabuhanan yang terintegrasi.

Baca juga : Cegah Ketergantungan Gadget, 500 Siswa Antusias Ikut Festival Pancamain Indonesia

Memiliki misi menjadi perusahaan penunjang logistik nasional berbasis jasa bongkar muat. Dan bisnis kepelabuhanan yang berkualitas dan berdaya saing, serta berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Adapun PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB) berlokasi di Jepara, Jawa Tengah merupakan Obyek Vital Nasional yaitu PLTU Tanjung Jati B/PLTU TJB.

PLTU TJB Unit 1 sampai dengan unit 4 yang pengoperasiannya menggunakan batubara ini menghasilkan daya kapasitas listrik sebesar 4 x 710 MW, atau menopang sekitar 12 persen kebutuhan listrik di Jawa Bali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.