Dark/Light Mode

Pelindo Catatkan Kinerja Moncer Pasca Merger

Kamis, 13 April 2023 22:19 WIB
Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono. (Foto: Istimewa)
Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mencatatkan kinerja moncer pasca merger. Pelindo berhasil melakukan efisiensi dan optimalisasi senilai Rp 1,3 triliun sepanjang 2022.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan, capaian ini merupakan cerminan manfaat dari penggabungan Pelindo yang hanya dapat diperoleh melalui sinergi antar entitas Pelindo Group.

"Sehingga pengelolaan segenap sumber daya perusahaan dapat dilakukan secara lebih efisien serta memberikan kontribusi pendapatan bagi negara yang maksimal," katanya di Jakarta, Kamis (13/4).

Arif mengungkapkan, salah satu bukti manfaat pasca merger yaitu, adanya peningkatan kinerja dan produktivitas di sejumlah pelabuhan. Di mana peningkatan produktivitas bongkar muat diukur dengan parameter boks per kapal per jam (BSH) dan pengurangan port stay (waktu sandar kapal di pelabuhan) yang diukur dengan jumlah hari.

Baca juga : Pelindo Berangkatkan 200 Pemudik Tujuan Ambon Dan Sorong

Ia mencontohkan di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, jumlah bongkar muat naik lebih dari dua kali lipat. Dari 20 boks per kapal per jam hingga 60 boks per kapal per jam dalam kondisi optimum.

Kecepatan bongkar muat itu, kata Arif, membuat waktu sandar kapal dapat berkurang menjadi setengahnya, dari dua hari menjadi hanya satu hari.

Arif menambahkan, peningkatan kinerja juga terjadi di TPK Makassar dan Terminal Makassar New Port, di mana waktu sandar dapat berkurang dari dua menjadi satu hari.

Peningkatan kinerja terbaik ada di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Ambon, di mana kecepatan bongkar muat naik hampir tiga kali lipat, dari 12 boks per kapal per jam menjadi 34 boks dalam kondisi optimum.

Baca juga : 76,8 Persen Masyarakat Puas Dengan Kinerja Jokowi, Tertinggi Dalam 8 Tahun

Dampaknya, jumlah waktu sandar kapal dapat terpangkas menjadi dua bahkan satu hari. Menurutnya, seluruh pelabuhan yang dikelola Pelindo terjadi peningkatan efisiensi biaya operasional, potensi penambahan trafik, peningkatan kompetensi dan knowledge.

"Bagi pelanggan, dengan adanya pengurangan port stay dan cargo stay dapat membantu penghematan biaya sewa dan operasional kapal. Bagi perusahaan shipping line pada akhirnya diharapkan dapat berkontribusi terhadap penurunan biaya logistik dan mendukung konektivitas maritim," ujarnya.

Secara keseluruhan, kata Arif, peningkatan produktivitas operasional Pelindo bisa terlihat dalam kinerja perseroan tahun 2022. Arus peti kemas tercatat sebesar 17,2 juta twenty foot equivalent unit (TEUs) atau naik 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara, untuk arus barang mencapai 160 juta ton dengan kenaikan 9 persen, arus kapal mencapai 1,2 miliar gross ton (GT) meningkat 1 persen, dan arus penumpang menembus 15 juta orang dengan kenaikan 86 persen dibandingkan periode yang sama.

Baca juga : Manfaatkan Bulan Ramadhan Untuk Puasa Medsos

Selain operasional lebih rendah, Pelindo juga melakukan integrasi antara pelabuhan dengan kawasan industri, sehingga menciptakan biaya logistik yang lebih efisien.

Saat ini, sedang diselesaikan pembangunan Jalan Tol Cibitung Cilincing (JTCC) yang dibangun untuk meningkatkan konektivitas Pelabuhan Tanjung Priok dan Area Hinterland/Kawasan Industri di timur Jakarta.

Langkah ini diharapkan akan mengurangi risiko kongesti di jalan eksisting, sehingga dapat memberikan layanan logistik yang lebih efisien.

"Kami akan melanjutkan program pasca merger untuk membawa manfaat yang lebih besar bagi masyarakat terutama bagi Indonesia. Di 2023, kami memiliki beberapa fokus utama salah satunya melanjutkan transformasi pelabuhan melalui kegiatan standarisasi dan sistemisasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan," jelasnya. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.