Dark/Light Mode

Tingkatkan Implementasi ESG, ABM Investama Fokus Terapkan Tata Kelola Lingkungan Berkelanjutan

Senin, 17 April 2023 13:33 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ABM Investama Tbk (ABM) terus mendorong sinergi dengan anak usaha dalam memperhatikan pengelolaan tata kelola lingkungan yang berkelanjutan dalam setiap aktivitas operasional perusahaan.

Sebagai grup usaha yang bergerak dalam bidang energi, aspek lingkungan menjadi faktor yang paling penting dalam menjamin keberlangsungan usaha Grup ABM.

Direktur Utama ABM Andi Djajanegara menyatakan, setelah meraih predikat leadership AAA (triple A) pada ajang ESG Disclosure Awards 2022 yang diselenggarakan oleh BeritaSatu Media Holding Group dan Bumi Global Carbon Foundation..

Baca juga : Komunitas Nelayan Pendukung Ganjar Berikan Bantuan Jala Dan Bibit Ikan

Kriteria-kriteria penilaiannya, mencakup ESG unggulan dari pasar modal The Nasdaq Helsinki, kerangka kerja dan ketentuan Task Force on Climate-related Financial Disclosures (TCFD), serta Carbon Disclosure Project (CDP).

"Sehingga, perusahaan semakin berkomitmen untuk meningkatkan dan memperhatikan faktor lingkungan dan kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar. ABM ingin masyarakat turut merasakan kehadiran perusahaan baik dari segi lingkungan maupun sosial,” tutur Andi.

Salah satu fokus penerapan komitmen perusahaan terhadap lingkungan adalah dalam tata kelola limbah. Pengelolaan limbah yang tidak tepat, tidak hanya dapat mengancam keseimbangan ekosistem/lingkungan.

Baca juga : Lestari: Perempuan Adat Pondasi Utama Pembangunan Berkelanjutan

Namun juga dapat mempengaruhi operasi dan reputasi perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi keberlanjutan usaha perusahaan.

Oleh karena itu, ABM memiliki standar dan kebijakan lingkungan dalam pengelolaan limbah yang diperbarui secara berkala untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan.

Salah satu limbah yang paling banyak dimanfaatkan ABM adalah pemanfaatan kembali ban bekas angkutan batu bara yang digunakan untuk sarana pengendalian erosi, penguatan struktur drainase, dan sarana keselamatan di lintasan angkut batu bara.

Baca juga : Lestarikan Kain Tradisional, Pupuk Indonesia Luncurkan Buku Wastra & Seni Berkain

Hingga 2022 jumlah pemanfaatan ban bekas sebagai penunjang sarana dan prasarana bisa mencapai 13.57 ton.

Selain pemanfaatan ban bekas, perusahaan juga memanfaatkan limbah organik yang berasal dari makanan sisa dari kantin dan mess sebagai bahan baku kompos.

Perusahaan juga bekerja sama dengan supplier lokal di tingkat kabupaten dan provinsi, baik swasta maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pembelian pupuk organik yang kemudian akan dimanfaatkan untuk kegiatan reklamasi dan revegetasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.